KEUNTUNGAN ORANG BERIMAN


KEUNTUNGAN ORANG YANG IKHLAS
Dalam Kitab Riyadhus Shalihin bab  murah hati dan dermawan terdapat sebuah hadits:


Dari Abu Kabsyah: Rasul bersabda : Tiga jenis manusia,Masing masing mempunyai cerita yang menarik, aku berani bersumpah, camkan baik baik cerita ini.


Pertama, Tidak akan habis harta yang disedekahkan.


Kedua, Tiada orang  yang sabar ketika teraniaya, kecuali dinaikkan kemutiaannya oleh Allah,


Ketiga, Tiada seseorang memilih penghidupannya dengan meminta minta, kecuali  Allah membukakan baginya jalan kemiskinan.


Sekarang aku ceritakan kepadamu , camkanlah baik baik. Bahwa dunia ini hanya diperuntukkan untuk  4 ( empat ) macam manusia, yaitu:


Pertama, Seseorang yang dianugerahi harta dan ilmu, lalu dimanfaatkan untuk jalan ketaqwaan dan silaturrahmi, serta memenuhi kewajibanya atas hak Allah ( membayar zakat dan beramal), maka orang semacam ini menduduki tingkat derajat tertinggi disisi Allah


Kedua, Seorang yang diberi ilmu pengetahuan semata, sedang harta tidak, lalu dengan sepenuh hati ia berkata,” Jika aku diberikan oleh Allah, pasti aku dapat berbuat seperti si Fulan, maka ia memperoleh pahala sesuai niat tujuannya, dan pahala keduanya ( orang yang pertama dan orang yang kedua ) tidak jauh berbeda.


Ketiga, seseorang yang hanya dianugerahi harta kekayaan, sedang tidak memiliki ketaqwaan, tidak mau menjalin silaturrahmi, serta tidak memenuhi kewajibannya, maka orang semacam ini berada ditempat yang terburuk,


Keempat, Orang yang tidak diberi harta dan tidak diberi ilmu lalu ia berkata,” Seandainya aku punya harta seperti si fulan, pasti aku mampu berbuat seperti dia”, maka orang itu memperoleh niat,tujuannya, nilai timbangan keduanya sama dan tidak jauh berbeda.Hadits Riwayat Turmuzi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PASAMBAHAN MAKAN BUKITTINGGI

PIdato Pendek " Man Jadda Wajada "

Doa harian muslim