KHOTBAH IDUL ADHA 1432 H

3 Syarat mendapatkan Rahmat dan Redha Allah
Allah berfirman dalam surat Attaubah ayat 20 yang  artinya;Orang orang yang beriman, berhijrah dan berjihad dijalan Allah dengan harta dan jiwa mereka adalah lebih tinggi derjatnya disisi Allah.mereka itulah orang orang yang mendapat kemenangan.Allah akan menggembirakan mereka dengan memberikan rahmat,keredhaan,dan sorganya.Mereka memperoleh kesenangan yang kekal didalamnya.


Ada tiga hal kalau kaum muslimin ingin mendapat kesenengan,sorga dan rahmat dari Allah
kalau kita diberikan oleh Allah kesenangan tentu yang terjauh dari kita adalah kesusahan. Kalau Allah sudah memberikan Surga tentu neraka terjauh dari kita. Kalau Rahmat allah berikan, maka tentu Laknat akan terjauh dari kita.
Ingin kita mendapatkan sorganya Allah dan terjauh dari neraka maka syarat yang pertama adalah Iman.
  Tentu kita akan introspeksi keimanan kita.Iman yang bagaimanakah yang dapat menjadikan manusia masuk kedalam surga.? coba kita tinjau.
Iman menurut artian sederhana adalah mengerjakan semua perintah Allah dan Menghentikan laranganNya.Lebih jauh iman adalah Meyakini didalam hati,mengucapkan dengan lidah dan mengamalkan dengan perbuatan.
Kalau kita ingin mendapatkan keredhaanAllah, terjauh kita dari Murkanya Allah ,mka syarat yang kedua adalah Wahajaru, Hijrah.Apakah makna hijrah dengan kekinian, Hijrah adalah Zihabun min af'ali Syarri ila af'alil khair. artinya mau kita pindah dari selama ini perbuatan kurang baik menuju perbuatan yang lebih baik. makna kontemporernya adalah mau mereformasi diri.
Yang ketiga kalau kita ingin mendapatkan rahmat allah dan terjauh kita dari laknatnya Allah maka syarat yang ketiga adalah wajahadu fisabilillah.Artinya Mau berjihad di jalan Allah.
Apakah makna dari Jihat? apakah jihad jihat itu memasang bom dimana mana? aksi teror bom bunuh diri?
Ahli Tafsir sepakat kalau yang namanya jihat artinya perang. Orang islam harus mampu untuk berperang. lalu bagaimana cara berperang? Alquran mengajarkan bahwa cara berperang itu  pada tahap pertama adalah mengetahui musuh.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PASAMBAHAN MAKAN BUKITTINGGI

PIdato Pendek " Man Jadda Wajada "

Doa harian muslim