mutiara hikmah ali bin abi thalib "Dunia"


Mutiara Hikmah Imam Ali bin Abi Thalib. Dalam Nahjul Balagah
DUNIA DAN AKHIRAT
Sesungguhnya yang lebih jahat dari pada kejahatan itu,melainkan siksaannya.Dan tidaklah sesuatu yang lebih baik dari pada kebaikan itu, melainkan pahalanya.
Segala sesuatu yang ada didalam dunia ini, terdengarnya lebih bagus dari terlihatnya. Tetapi segala sesuatu yang diakhirat, terlihatnya lebih bagus dari terdengarnya.
Sebab itu cukuplah barang yang dilihat sekarang sekedar mendengar dan dalam perkara gaib percayalah beritanya.
Ketahuilah olehmu, bahwasanya barang yang kurang didunia, tetapi bertambah diakhirat, lebih baik dari barang yang kurang di akhirat, meskipun bertambah didunia.
Betapa banyak barang yang kurang tapi menguntungkan, Dan tidak sedikit pula barang yang bertambah akan tetapi merugikan.
Sesungguhnya barang yang diperintahkan tuhan, lebih banyak daripada yang dilarangNya. Barang yang dihalalkan lebih banyak dari barang yang diharamkan.
Sebab itu jangan pilih yang sedikit dan pilihlah yang banyak, Tinggalkan yang sempit, dan carilah yang lebih lebar.
Rezekimu telah ditanggungNya, setelah itu kamu disuruh beramal. Sebab itu janganlah kamu habiskan kekuatanmu  kepada barang yang ditanggung, sehingga lupa kepada barang yang diperintahkan. Padahal hari ini,Syak telah memenuhi hati, keyakinan telah memulai goncang, orang kejar barang yang telah ditanggung, dan orang lupakan barang yang telah diwajibkan.
Lekas lekaslah beramal, takutilah ajal yang dating tiba tiba,
Umur yang telah hilang tak dapat dikejar, tetapi rezeki yang telah habis bias dicukupkan. Rezeki yang telah habis, besok lusa bida bertambah. Tapi umur yang telah lepas tadi,  tak akan dapat pulang kembali.
Pengharapan terkandung dizaman yang akan dating
Putus asa  telah pergi dengan zaman yang telah dilalui, Sebab itu bertaqwalah kepada Allah dengan sebenar benar bertaqwa dan jangan kamu mati melainkan dalam keadan sudah ISLAM.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PASAMBAHAN MAKAN BUKITTINGGI

PIdato Pendek " Man Jadda Wajada "

Doa harian muslim