standar proses MA


II.  STANDAR PROSES
16. Proses Pengembangan Silabus
No
Cara penembangan silabus
Mata Pelajaran
1
Silabus dikembangkan sendiri
Keterampilan
2
Silabus dikembangkan dengan MGMP tingkat sekolah/madrasah
1)      Pendidikan Agama Islam
2)      Pendidikan Kewarganegaraan
3)      Bahasa Indonesia
4)      Bahasa Arab
5)      Bahasa Inggris
6)      Matematika
7)      Ilmu Pengtahuan Alam
8)      Ilmu Pengetahuan Sosial
9)      Seni Budaya
10)   Pendidikan Jasmani
11)   TIK
12)   Tafsir
3
Silabus dikembangkan dengan MGMP tingkat kab/kota

4
Silabus mengadopsi contoh yang sudah ada


17. Mata Pelajaran yang memiliki RPP.
No
Mata Pelajaran yang memiliki RPP.
1
1)      Pendidikan Agama Islam
2)      Pendidikan Kewarganegaraan
3)      Bahasa Indonesia
4)      Bahasa Arab
5)      Bahasa Inggris
6)      Matematika
7)      Ilmu Pengtahuan Alam
8)      Ilmu Pengetahuan Sosial
9)      Seni Budaya
10)   Pendidikan Jasmani
11)   TIK
12)   Tafsir Mulok


18. RPP yang telah memenuhi prinsip-prinsip penyusunan.
No
Mata pelajaran  telah memenuhi prinsip-prinsip penyusunan. RPP
NO
Mata pelajaran  telah memenuhi prinsip-prinsip penyusunan. RPP
1
Pendidikan Agama Islam
5
IPS terpadu
2
Bahasa Indonesia
6
Pendidikan Kewarga negaraan
3
Bahasa Inggris
7
Bahasa Arab
4
Matematika
8
IPA terpadu

19. Persyaratan proses pembelajaran.
No
. Persyaratan proses pembelajaran.
1.
Jumlah siswa tiap kelas , rata-rata =  15 siswa
2
Jumlah jam beban  mengajar guru,rata-rata =          12   jam/ minggu
3
Perbandingan jumlah buku teks : siswa  =                1          :     1 siswa
4
Pengelolaan kelas yang  dilakukan:
a.       Volume dan intonasi suara  guru dalam proses  pembelajaran dapat didengar oleh setiap siswa
b.      Tutur guru santun dan dapat di dimengerti oleh siswa
c.       Guru menyesuaikan materi pelkajran dengan kecepatan  dan kemampuan belajar siswa
d.      Guru menciptakan ketertiban ,kedisiplinan , kenyamanan,kepatuhan pada peraturan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran
e.      Guru memakai pakaian sopan ,bersih, dan rapi
f.        Pada tiap awal semerter guru menyampaikan silabus  mata pelajaran  yang diajarkan
g.       Guru memulai dan mengakhiri proses pembelajaran sesuai dengan waktu  yang dijadwalkan.






20. Langkah Langkah Pembelajaran
No
Langkah Langkah Pembelajaran yang dilakukan
1
Kegiatan Pendahuluan
a.       Menyiapkan siswa untuk mengikuti proses pembelajaran
b.      Mengajukan Pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi  yang akan dipelajari
c.       Menjelaskan tujuan pembelajaran
d.      Menyampaikan cakupan materi sesuai dengan silabus
2
Kegiatan inti ( eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi
A.      EKSPLORASI
a.       Melibatkan siswa mencari informasi yang luas dan dalam tentang topic yang akan dipelajari dengan menerapkan belajar dari aneka sumber
b.      Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran , media pembelajaran dan sumber lain
c.       Memfasilitasi terjadinya interaksi antar siswa serta antara siswa dengan guru,lingkungan dan sumber lainya
d.      Melibatkan siswa secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajan

B.      ELABORASI
a.       Membiasakan siswa membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna
b.      Memfasilitasi siswa melalui pemberian  tugas,diskusi, dan lainya untuk memunculkan gagasan baru  baik secara tulisan,lisan
c.       .Memberikan kesempatan  untuk berfikir ,menganalisis ,menyelesaikan  masalah dan bertindak  tanpa rasa takut.
d.      Menfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif  dan kolaboratif.
e.      Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatan prestasi belajar.
f.        Memfasilitasi siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan  maupun tertulis  secara individu  maupun kelompok
g.       Memfasilitasi siswa untuk  menyajikan hasil kerja secara individual maupun kelompok
h.      Memfasilitasi siswa melakukan  kegiatan  yang menumbuhkan kebanggaan dan percaya diri.

C.      KONFIRMASI
a.       Memberikan umpan balik positif  dan penguatan dalam bentuk lisan,tulisan,isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan siswa.
b.      Memberikan konfirmasi terhadap  hasil eksplorasi dan elaborasi siswa  melalui berbagai sumber.
c.       Memfasilitasoi siswa melakukan  refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah diajarkan.
d.      Memfasilitasoi siswa melakukan  refleksi untuk memperoleh pengalaman  yang bermakna  dalam mencapai kompetensi dasar:
1)      Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitataor dalam menjawab pertanyaan siswa yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar
2)      Membantu menyelesaikan masalah siswa
3)      Memberikan informasi untuk bereksplorasi lebih jauh
4)      Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang  atau belum berpartisipasi

3
Kegiatan penutup
a.       Bersama sama dengan siswa dan atau sendiri membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.
b.      Melakuka penilaian dan atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogran.
c.       Memberikan umpan balik terhadap proses hasil  pembelajaran
d.      Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran, remedy, program pengayaan, layanan konseling dan atau memberikan tugas secara individu atau kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa
e.      Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

21.Pemantauan proses pembelajaran
No
Tanggal Pemantauan
Nama Guru Yang dipantau
Tahapan yang dilakukan
1

Drs.Syafi’i
Perencanaan,pelaksanaan,penilaian
2

Yendrawardi,SAg
Perencanaan,pelaksanaan,penilaian
3

Taufik Danis
Perencanaan,pelaksanaan,penilaian
4

Azwarman,SPdI
Perencanaan,pelaksanaan,penilaian
5

Darul Aspani,SAg
Perencanaan,pelaksanaan,penilaian
6

Maisyir Syamsi,SPdI
Perencanaan,pelaksanaan,penilaian
7

Wahyu Hidayat
Perencanaan,pelaksanaan,penilaian
8

Ibnu Nizar,SPd
Perencanaan,pelaksanaan,penilaian
9

Abdul Aziz,SAg
Perencanaan,pelaksanaan,penilaian
10

Dra Noviarita
Perencanaan,pelaksanaan,penilaian
11

Yelfianti,SPd
Perencanaan,pelaksanaan,penilaian
12

Susi Mulyati Aries,SP
Perencanaan,pelaksanaan,penilaian
13

Alimah Perada,SS
Perencanaan,pelaksanaan,penilaian
14

Yulfi Manda sari SPdI
Perencanaan,pelaksanaan,penilaian
15

Vivi Oktasofiarni,SPd
Perencanaan,pelaksanaan,penilaian
16

Husni Sari Dewi, Sag
Perencanaan,pelaksanaan,penilaian
17

Fitriani SPd
Perencanaan,pelaksanaan,penilaian
18

Rizki Pebrina, SPdI
Perencanaan,pelaksanaan,penilaian
19

Zurniati,SPd
Perencanaan,pelaksanaan,penilaian

22. Supervisi proses pembelajaran.
No
Tanggal supervisi
Nama Guru Yang disupervisi
Tahapan yang dilakukan
1

Drs.Syafi’i
Memberikan contoh
2

Yendrawardi,SAg
Diskusi
3

Taufik Danis
Memberikan contoh
4

Azwarman,SPdI
Diskusi
5

Darul Aspani,SAg
Memberikan contoh
6

Maisyir Syamsi,SPdI
Diskusi
7

Wahyu Hidayat
Memberikan contoh
8

Ibnu Nizar,SPd
Diskusi
9

Abdul Aziz,SAg
Memberikan contoh


Dra Noviarita
Diskusi


Yelfianti,SPd
Memberikan contoh


Susi Mulyati Aries,SP
Diskusi


Alimah Perada,SS
Memberikan contoh


Yulfi Manda sari SPdI
Diskusi


Vivi Oktasofiarni,SPd
Memberikan contoh


Husni Sari Dewi, Sag
Diskusi


Fitriani SPd
Memberikan contoh


Rizki Pebrina, SPdI
Diskusi


Zurniati,SPd
Memberikan contoh





23.Evaluasi proses pembelajaran.
No
Tangga lEvaluasi
Nama Guru Yang dievaluasi
Aspek yang dievaluasi
1

Drs.Syafi’i
Persiapan,pelaksanaan,tindak lanjut
2

Yendrawardi,SAg
Persiapan,pelaksanaan,tindak lanjut
3

Taufik Danis
Persiapan,pelaksanaan,tindak lanjut
4

Azwarman,SPdI
Persiapan,pelaksanaan,tindak lanjut
5

Darul Aspani,SAg
Persiapan,pelaksanaan,tindak lanjut
6

Maisyir Syamsi,SPdI
Persiapan,pelaksanaan,tindak lanjut
7

Wahyu Hidayat
Persiapan,pelaksanaan,tindak lanjut
8

Ibnu Nizar,SPd
Persiapan,pelaksanaan,tindak lanjut
9

Abdul Aziz,SAg
Persiapan,pelaksanaan,tindak lanjut
10

Dra Noviarita
Persiapan,pelaksanaan,tindak lanjut
11

Yelfianti,SPd
Persiapan,pelaksanaan,tindak lanjut
12

Susi Mulyati Aries,SP
Persiapan,pelaksanaan,tindak lanjut
13

Alimah Perada,SS
Persiapan,pelaksanaan,tindak lanjut
14

Yulfi Manda sari SPdI
Persiapan,pelaksanaan,tindak lanjut
15

Vivi Oktasofiarni,SPd
Persiapan,pelaksanaan,tindak lanjut
16

Husni Sari Dewi, Sag
Persiapan,pelaksanaan,tindak lanjut
17

Fitriani SPd
Persiapan,pelaksanaan,tindak lanjut
18

Rizki Pebrina, SPdI
Persiapan,pelaksanaan,tindak lanjut
19

Zurniati,SPd
Persiapan,pelaksanaan,tindak lanjut

24. Pelaporan pengawasan  proses pembelajaran
No
Tanggal pelaporan
Pihak yang mendapat laporan
Keterangan
1



2



3








25. Tindak lanjut hasil pengawasan  proses pembelajaran
No
Hasil Pengawasan
Bentuk tindak Lanjut
1


2


3


4



Komentar

Postingan populer dari blog ini

PASAMBAHAN MAKAN BUKITTINGGI

PIdato Pendek " Man Jadda Wajada "

Doa harian muslim