standar proses MA
II. STANDAR PROSES
16. Proses Pengembangan Silabus
No | Cara penembangan silabus | Mata Pelajaran |
1 | Silabus dikembangkan sendiri | Keterampilan |
2 | Silabus dikembangkan dengan MGMP tingkat sekolah/madrasah | 1) Pendidikan Agama Islam 2) Pendidikan Kewarganegaraan 3) Bahasa Indonesia 4) Bahasa Arab 5) Bahasa Inggris 6) Matematika 7) Ilmu Pengtahuan Alam 8) Ilmu Pengetahuan Sosial 9) Seni Budaya 10) Pendidikan Jasmani 11) TIK 12) Tafsir |
3 | Silabus dikembangkan dengan MGMP tingkat kab/kota | |
4 | Silabus mengadopsi contoh yang sudah ada | |
17. Mata Pelajaran yang memiliki RPP.
No | Mata Pelajaran yang memiliki RPP. |
1 | 1) Pendidikan Agama Islam 2) Pendidikan Kewarganegaraan 3) Bahasa Indonesia 4) Bahasa Arab 5) Bahasa Inggris 6) Matematika 7) Ilmu Pengtahuan Alam 8) Ilmu Pengetahuan Sosial 9) Seni Budaya 10) Pendidikan Jasmani 11) TIK 12) Tafsir Mulok |
18. RPP yang telah memenuhi prinsip-prinsip penyusunan.
No | Mata pelajaran telah memenuhi prinsip-prinsip penyusunan. RPP | NO | Mata pelajaran telah memenuhi prinsip-prinsip penyusunan. RPP |
1 | Pendidikan Agama Islam | 5 | IPS terpadu |
2 | Bahasa Indonesia | 6 | Pendidikan Kewarga negaraan |
3 | Bahasa Inggris | 7 | Bahasa Arab |
4 | Matematika | 8 | IPA terpadu |
19. Persyaratan proses pembelajaran.
No | . Persyaratan proses pembelajaran. |
1. | Jumlah siswa tiap kelas , rata-rata = 15 siswa |
2 | Jumlah jam beban mengajar guru,rata-rata = 12 jam/ minggu |
3 | Perbandingan jumlah buku teks : siswa = 1 : 1 siswa |
4 | Pengelolaan kelas yang dilakukan: a. Volume dan intonasi suara guru dalam proses pembelajaran dapat didengar oleh setiap siswa b. Tutur guru santun dan dapat di dimengerti oleh siswa c. Guru menyesuaikan materi pelkajran dengan kecepatan dan kemampuan belajar siswa d. Guru menciptakan ketertiban ,kedisiplinan , kenyamanan,kepatuhan pada peraturan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran e. Guru memakai pakaian sopan ,bersih, dan rapi f. Pada tiap awal semerter guru menyampaikan silabus mata pelajaran yang diajarkan g. Guru memulai dan mengakhiri proses pembelajaran sesuai dengan waktu yang dijadwalkan. |
20. Langkah Langkah Pembelajaran
No | Langkah Langkah Pembelajaran yang dilakukan |
1 | Kegiatan Pendahuluan a. Menyiapkan siswa untuk mengikuti proses pembelajaran b. Mengajukan Pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari c. Menjelaskan tujuan pembelajaran d. Menyampaikan cakupan materi sesuai dengan silabus |
2 | Kegiatan inti ( eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi A. EKSPLORASI a. Melibatkan siswa mencari informasi yang luas dan dalam tentang topic yang akan dipelajari dengan menerapkan belajar dari aneka sumber b. Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran , media pembelajaran dan sumber lain c. Memfasilitasi terjadinya interaksi antar siswa serta antara siswa dengan guru,lingkungan dan sumber lainya d. Melibatkan siswa secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajan B. ELABORASI a. Membiasakan siswa membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna b. Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas,diskusi, dan lainya untuk memunculkan gagasan baru baik secara tulisan,lisan c. .Memberikan kesempatan untuk berfikir ,menganalisis ,menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa rasa takut. d. Menfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif. e. Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatan prestasi belajar. f. Memfasilitasi siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis secara individu maupun kelompok g. Memfasilitasi siswa untuk menyajikan hasil kerja secara individual maupun kelompok h. Memfasilitasi siswa melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan percaya diri. C. KONFIRMASI a. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan,tulisan,isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan siswa. b. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi siswa melalui berbagai sumber. c. Memfasilitasoi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah diajarkan. d. Memfasilitasoi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar: 1) Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitataor dalam menjawab pertanyaan siswa yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar 2) Membantu menyelesaikan masalah siswa 3) Memberikan informasi untuk bereksplorasi lebih jauh 4) Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang atau belum berpartisipasi |
3 | Kegiatan penutup a. Bersama sama dengan siswa dan atau sendiri membuat rangkuman/ simpulan pelajaran. b. Melakuka penilaian dan atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogran. c. Memberikan umpan balik terhadap proses hasil pembelajaran d. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran, remedy, program pengayaan, layanan konseling dan atau memberikan tugas secara individu atau kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa e. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. |
21.Pemantauan proses pembelajaran
No | Tanggal Pemantauan | Nama Guru Yang dipantau | Tahapan yang dilakukan |
1 | | Drs.Syafi’i | Perencanaan,pelaksanaan,penilaian |
2 | | Yendrawardi,SAg | Perencanaan,pelaksanaan,penilaian |
3 | | Taufik Danis | Perencanaan,pelaksanaan,penilaian |
4 | | Azwarman,SPdI | Perencanaan,pelaksanaan,penilaian |
5 | | Darul Aspani,SAg | Perencanaan,pelaksanaan,penilaian |
6 | | Maisyir Syamsi,SPdI | Perencanaan,pelaksanaan,penilaian |
7 | | Wahyu Hidayat | Perencanaan,pelaksanaan,penilaian |
8 | | Ibnu Nizar,SPd | Perencanaan,pelaksanaan,penilaian |
9 | | Abdul Aziz,SAg | Perencanaan,pelaksanaan,penilaian |
10 | | Dra Noviarita | Perencanaan,pelaksanaan,penilaian |
11 | | Yelfianti,SPd | Perencanaan,pelaksanaan,penilaian |
12 | | Susi Mulyati Aries,SP | Perencanaan,pelaksanaan,penilaian |
13 | | Alimah Perada,SS | Perencanaan,pelaksanaan,penilaian |
14 | | Yulfi Manda sari SPdI | Perencanaan,pelaksanaan,penilaian |
15 | | Vivi Oktasofiarni,SPd | Perencanaan,pelaksanaan,penilaian |
16 | | Husni Sari Dewi, Sag | Perencanaan,pelaksanaan,penilaian |
17 | | Fitriani SPd | Perencanaan,pelaksanaan,penilaian |
18 | | Rizki Pebrina, SPdI | Perencanaan,pelaksanaan,penilaian |
19 | | Zurniati,SPd | Perencanaan,pelaksanaan,penilaian |
22. Supervisi proses pembelajaran.
No | Tanggal supervisi | Nama Guru Yang disupervisi | Tahapan yang dilakukan |
1 | | Drs.Syafi’i | Memberikan contoh |
2 | | Yendrawardi,SAg | Diskusi |
3 | | Taufik Danis | Memberikan contoh |
4 | | Azwarman,SPdI | Diskusi |
5 | | Darul Aspani,SAg | Memberikan contoh |
6 | | Maisyir Syamsi,SPdI | Diskusi |
7 | | Wahyu Hidayat | Memberikan contoh |
8 | | Ibnu Nizar,SPd | Diskusi |
9 | | Abdul Aziz,SAg | Memberikan contoh |
| | Dra Noviarita | Diskusi |
| | Yelfianti,SPd | Memberikan contoh |
| | Susi Mulyati Aries,SP | Diskusi |
| | Alimah Perada,SS | Memberikan contoh |
| | Yulfi Manda sari SPdI | Diskusi |
| | Vivi Oktasofiarni,SPd | Memberikan contoh |
| | Husni Sari Dewi, Sag | Diskusi |
| | Fitriani SPd | Memberikan contoh |
| | Rizki Pebrina, SPdI | Diskusi |
| | Zurniati,SPd | Memberikan contoh |
| | | |
23.Evaluasi proses pembelajaran.
No | Tangga lEvaluasi | Nama Guru Yang dievaluasi | Aspek yang dievaluasi |
1 | | Drs.Syafi’i | Persiapan,pelaksanaan,tindak lanjut |
2 | | Yendrawardi,SAg | Persiapan,pelaksanaan,tindak lanjut |
3 | | Taufik Danis | Persiapan,pelaksanaan,tindak lanjut |
4 | | Azwarman,SPdI | Persiapan,pelaksanaan,tindak lanjut |
5 | | Darul Aspani,SAg | Persiapan,pelaksanaan,tindak lanjut |
6 | | Maisyir Syamsi,SPdI | Persiapan,pelaksanaan,tindak lanjut |
7 | | Wahyu Hidayat | Persiapan,pelaksanaan,tindak lanjut |
8 | | Ibnu Nizar,SPd | Persiapan,pelaksanaan,tindak lanjut |
9 | | Abdul Aziz,SAg | Persiapan,pelaksanaan,tindak lanjut |
10 | | Dra Noviarita | Persiapan,pelaksanaan,tindak lanjut |
11 | | Yelfianti,SPd | Persiapan,pelaksanaan,tindak lanjut |
12 | | Susi Mulyati Aries,SP | Persiapan,pelaksanaan,tindak lanjut |
13 | | Alimah Perada,SS | Persiapan,pelaksanaan,tindak lanjut |
14 | | Yulfi Manda sari SPdI | Persiapan,pelaksanaan,tindak lanjut |
15 | | Vivi Oktasofiarni,SPd | Persiapan,pelaksanaan,tindak lanjut |
16 | | Husni Sari Dewi, Sag | Persiapan,pelaksanaan,tindak lanjut |
17 | | Fitriani SPd | Persiapan,pelaksanaan,tindak lanjut |
18 | | Rizki Pebrina, SPdI | Persiapan,pelaksanaan,tindak lanjut |
19 | | Zurniati,SPd | Persiapan,pelaksanaan,tindak lanjut |
24. Pelaporan pengawasan proses pembelajaran
No | Tanggal pelaporan | Pihak yang mendapat laporan | Keterangan |
1 | | | |
2 | | | |
3 | | | |
| | | |
25. Tindak lanjut hasil pengawasan proses pembelajaran
No | Hasil Pengawasan | Bentuk tindak Lanjut |
1 | | |
2 | | |
3 | | |
4 | | |
Komentar
Posting Komentar