Urgensi Pendidikan


URGENSI PENDIDIKAN ANAK


” Burung dara terbang berempat terbang tinggi diatas angkasa. Kalau anda ingin selamat turut perintah ayah dan bunda”
Penggalan bait syair lagu kasidahan ( bernuansa islami ) ini akan terasa menyentuh kalbu kalau sekiranya dinyanyikan oleh seorang qari atau qari’ah yang notabene  bersuara merdu. Apalagi diiringi oleh pukulan rebana dengan bunyi “ tak tung taktung tak”. Dan terbayang oleh kita barisan anak anak remaja putri melengkung dengan rebana , tamburin dan ceer ditangan mereka. Kita doakan mudah mudahan yang mengarang syair ini diberikan pahala amal shaleh oleh Allah Swt .Amin. Memohon izin saya kepada pencetus pengarang lagu kasidah ini untuk  memaknai kandungan potongan syair ini. Burung dara adalah sosok seorang anak dari manusia. Terbang tinggi diatas angkasa artinya telah berhasil dalam hal kehidupan penghidupan. Kalau anda ingin selamat artinya adalah selamat dari kehidupan yang diberkahi didunia akhirat. Perintah orang tua disini tentu merujuk kepada (QS Luqman 15), selama perintah itu masih dalam bingkai kesholehan. Jadi makna syair adalah “ Seorang anak yang sudah mapan secara ekonomi dan sudah berhasil dalam kehidupan nya maka ia semestinya menuruti perintah (berbakti )  orang tuanya.
Pesan sakral dari lantuanan syair rebana kasidah ini akan bermakna terbalik bila seorang anak tidak lagi berbakti lagi kepada ayah dan bundanya.Mungkin dalam bentuk menjaganya dikala tua, mendo’akan bila telah meninggal dunia, atau bersilaturrahmi dengan kerabat yang disayanginya semasa hidup. Dalam teori disebutkan bahwa “ Buah yang dipetik  hari ini merupakan hasil dari benih yang tersemai sebelumnya , hukum kausalitas. Kita harus bicarakan substansi masalah bukan dengan sebelah mata, atau  melihat pucuk tanaman tanpa memeriksa urat akar, yang menopang munculnya batang. Anak yang bermasalah barangkali karena kealfaan orang tua memberikan uswah ketika anak itu masih kecil. Berbuat baiklah kepada orang tuamu niscaya anakmu juga akan berbuat baik padamu. Didiklah anakmu karena mereka dilahirkan untuk suatu zaman  bukan zamanmu. Anak tidak hanya terbatas pada manusia yang dilahirkan tulang sulbi kita saja, atau anak cucu keturunan kita saja, namun termasuk juga setiap anak orang muslim dimanapun ia berada atau dari bangsa manapun. Mereka termasuk generasi umat yang menjadi tumpuan harapan umatan wahidah umat yang satu.( Muhammad Ali Qutub.Aauladuna Fi Dhaui Tarbiyah Islamiyah,1993)  Dunia dan kehidupan anak berbeda dengan kehidupan orang dewasa (oleh Ellen key).  Maka setelah itu muncullah teori  VOM KINDE OUS pendidikan harus dipandang dari sudut anak itu sendiri, child centered pendidikan harus berpusat pada anak.dll ( Wallahualambishawab )
Muhammad Ali Qutub memberikan teori bahwa pendidikan anak dimulai dari :
1.      Perkawinan (Mempersiapkan kelahiran ( nama yang baik.)
2.      Pendidikan pendahuluan  QS 16 annahal 78
3.      Masa pemantapan I ( umur 7 s/d 10 tahun)
4.      Masa penemuan( penemuan peradaban baru, dan penemuan diri)
5.      Masa pemantapan ke II ( Masa Balig dan Nikah)

Hak Anak dalam islam menurut Jalaluddin Rahmad  dalam bukunya ISLAM AKTUAL
1.      Diberi nama yang baik
-          Shakespeare= What is in a name
-          Tukijo pasti orang jawa, si bujang urang awak .harahap,medan. Sun yat sen cina.makusito jepang ( nama menunjukkan bangsa
-          Ahli Hikmah Mengatakan
“ Jika kita belum melihat orang yang paling disukai adalah bagus namanya
Bila sudah melihat orangnya, yang paling disukai bagus wajahnya
Bila sudah mendengar percakapannya yang paling disukai bagus pembicaraannya
Bila sudah berkumpul, yang paling bagus akhlaknya
-          Jangan dipanggil anak dengan yang jelek, bodoh, mada dll
2.      Mendapat  kasih sayang
Hadits nabi “ tidak umatku ,orang yang tidak menghormati yang tua dan tidak menyayangi yang kecil
Doronthy law berpuisi”
Jika anak dibesarkan dengan celaan, ia belajar memaki orang
Jika anak dibesarkan dengan permusuhan, ia belajar berkelahi
Jika anak dibesarkan dengan cemooh,  ia belajar rendah diri
Jika anak dibesarkan dengan pujian, ia belajar menghargai
Jika anak dibesarkan dengan dorongan ia belajar percaya diri tinggi
Jika anak dibesarkan dengan kasih sayang,  ia belajar menyayangi
 Nabi bersabda : man la yarham la yurham, siapa yang tak pandai menyayangi, tidak akan disayangi.
Ada yang harus diperhatikan : jangan anda mempunyai anak kalau tidak ada waktu untuk mereka, jika ada waktu untuk mereka pergunakan dengan serius. Ada orang secara fitrah mencintai anaknya akan tetapi tersembunyi, baru anak menyadari setelah orang tuanya telah tiada.
Apakah yang akan terjadi bila anak kekurangan kasih sayang dari orang tua?
Ada istilah” Ayam baranak itiak, anak batu lado,anak pelor.anak singkong. Manggadangkan anak ula. Anak saliah.anak pisang( dibawah katiak induak taruih)
 
Menghadapi Anak dan Remaja.
Diskusi Muslimat dewan dakwah tanggal 21 Oktober 2012. Di Kantor dewan dakwah Yarsi kota Bukittinggi
Tujuan Forum Diskusi saat ini menurut Masdiwar  ( Harian rakyat Sumbar  edisi 114 , jumat 19 Oktober 2012” Mengamati atau Mengkaji perkembangan anak dan remaja saat ini yang mereka dihadapkan dengan kemajuan  ai ti ( IT)informatika telekomuniasi.
Pertanyaan yang mengusik saya adalah untuk apa kita urus masalah anak dan remaja ini. Siapa yang menyuruh kita, atau apa kepentingan kita membicarakan ini? Adakah undang undang yang mengatur untuk urusan ini?
Undang Undang dasar mengatur tentang anak adalah : Fasal 34 ayat 1 “ Fakir miskin dan anak anak terlantar dipelihara oleh Negara.
Dari mana  kita harus mulai kajian ini, kalau kita bicara tumbang menurut kajian psikologi saya tidak ahlinya . kalau dikaji tentang kesehatan dokter  pakarnya , bukan saya. Alangkah lebih baik kiranya kita coba apa kata alquran dan hadits tentang tumbuh kembang anak menurut Islam.
Dalam  alquran istilah anak disebut dengan istilah
A.      warits,QS Alanbiya 89) 
B.      zurriyah QS annisa 9 /  Alfurqan 74 
C.      nasab QS Alfurqan 54
D.      waladan QS alqahfi 39 
E.       albaaqin/baaqiyah( alhaqqah 8)
Dalam alquran disebutkan “ Jangan kamu tinggalkan anakmu miskin”( QS 4 Annisa 9 ).dilain hal menurut Abdullah nasih ulwan dalam kitabnya  Tarbiyatul aulad ( terjemahan PPADI )” Cinta kepada anak merupakan fitrah manusia ( QS.18 : 46)
الْمَالُ وَالْبَنُونَ زِينَةُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَالْبَاقِيَاتُ الصَّالِحَاتُ خَيْرٌ عِندَ رَبِّكَ ثَوَاباً وَخَيْرٌ أَمَلاً
Orang arab melantunkan Sa’ir untuk kegembiraan nya terhadap anak.

Nilai pendidikan tentang anak
( Adab dengan orang tua  ) QS  annur 21 :59 Dan apabila anak-anakmu telah sampai umur balig, maka hendaklah mereka meminta izin, seperti orang-orang yang sebelum mereka meminta izin[1049]. Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayat-Nya. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.

Tantangan  orang tua terhadap anak :
1.      Anak cobaan   QS 8: 28 / QS Attagabun 15
2.      Anak itu MUsuh QS Attagabun 14
3.      tidak berguna QS Almumtahanah 3
4.      Melalaikan dari mengngat Allah QS Almunafiqun 9
Bakti anak
1.      QS Luqman 15
2.      Qs Al isra’  23

REMAJA/PEMUDA HARAPAN BANGSA
“ Remaja/pemuda hari ini adalah pemimpin di masa yang akan dating ( Mustafa al-Gulayaini)
"Kami kisahkan kepadamu (Muhammad) cerita ini dengan benar. Sesungguhnya, mereka adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada Tuhan mereka dan Kami tambah pula untuk mereka petunjuk."
Kata-kata pemuda dalam Alquran diistilahkan dengan fatan, seperti firman Allah SWT pada surah al-Anbiya [21] ayat 60 tentang pemuda Ibrahim. Bentuk jamak dari fatan adalah fityah (pemuda-pemuda), seperti kisah pemuda-pemuda Ashabul Kahfi pada surah al-Kahfi [18] ayat 13
Sejak dahulu sampai sekarang remaja selalu menjadi pusat perhatian berbagai kumpulan masyarakat seperti orang tua, organisasi, agama, dan masyarakat umum. Bahkan, Pemerintah dalam hal ini tidak segan-segan mengeluarkan sejumlah anggaran besar untuk mengurus berbagai hal tentang remaja dan pemuda.  Besarnya perhatian berbagai kalangan tentang remaja disebabkan karena pemuda  adalah asset umat yang saangat berharga, kita berkewajiban menyelamat mereka dari berbagai kejahatan,  membenteng mereka dari pengaruh –pengaruh sesat dewasa ini.  banyaknya harapan dan potensi yang diinginkan oleh berbagai komponen masyarakat, termasuk pemerintah pada diri pemuda /  remaja
Kondisi  saat ini
§  fakta anak FUNK, (dengan prilaku yang aneh, mengecat rambu berwarna-warni, pakaian compang-camping, tidur di bawah-bawah jembatan, atau di pinggir-pinggir jalan raya dengan selingan narkoba dan hura-hura  serta kehidupan bebas tanpa batas,
§  ada remaja yang masuk ke dalam boks warnet pada waktu magrib, keluar selepas subuh, bersama laki-laki, dan bahkan bersama perempuan.
§  ada remaja yang mencari jati diri, berjumpa dengan orang-orang penebarkan fitnah dan kesesatan pada akhirnya aliran sesatpun ditelannya tanpa reserve, maka terjadilah sebagaaimana yang kita saaksikan sekarang ini.
§  Ada juga remaja yang berhasil
HARAPAN
*       anak   yang berbakti dan pahlawan keluarga oleh orang tua,
*       menjadi anak  yang cerdas (intelek) dan bermoral oleh pendidik,
*      orang yang beriman dan bertaqwa serta berahlak mulia oleh agama,
*      menjadi calon pemimpin dalam organisasi, dan menjadi pencipta kedamaian dan ketertiban oleh masyarakat umum.
*      bangsa dan negara adalah pelanjut pembangunan bangsa ke depan yang berkualitas,
*      kontrol sosial, agen  perubahan, atau pelopor dan pelaksana kegiatan yang berbasis kemasyarakatan dan umat.
Untuk mewujudkan keseluruhan harapan tersebut di atas, mustahil terwujud dengan sendirinya, perlu ada langkah-langkah strategi guna mewujudkannya.  
4 macam upaya-upaya yang srategis:
1.      Menekankan pembinaan remaja di lingkungan keluarga dan melalui pendidikan formal (sekolah).
2.      Pemerintah jugaharus  giat mengadakan seminar atau pelatihan mengenai remaja 
3.      Membentuk berbagai macam lembaga atau organisasi pemuda, baik yang berciri sosial kemasyarakatan, pendidikan, politik, maupun lembaga pemuda yang bercirikan aliran tertentu. ( Remaja Masjid)
Semua kegiatan atau organisasi ini setidaknya memberikan kontribusi yang banyak dalam mewujudkan harapan berbagai komponen masyarakat dan pemerintah terhadap  diri remaja, atau  minimal menjadi wadah bagi remaja untuk menyalurkan bakat dan minatnya. Selain itu, adanya kegiatan atau organisasi remaja tersebut  mampu menggali potensi remaja menjadi remaja kreatif, inovatif
Salah satu kegiatan atau organisai remaja yang dipandang mampu mewujudkan harapan berbagai komponen masyarakat, termasuk bangsa terhadap remaja adalah remaja mesjid. Melalui organisasi ini  dilakukan aneka kegiatan atau program kerja yang tidak hanya berorientasi keagamaan (Islam), tetapi juga hal-hal sosial kemasyarakatan. Sebagai sebuah wadah pembinaan remaja, remaja mesjid memiliki ciri khas atau keunikan yang jarang didapatkan di organisasi bersifat umum. Organisasi menggabungkan antara penenaman nilai-nilai agama Islam (ibadah) dengan kegiatan sosial kemasyarakatan (muamalah). Contoh, baca tulis Al-Qur,an, kajian seputar agama Islam, latihan dasar kepemimpinan, bakti sosial, seminar dan  pelatihan tentang masalah remaja, atau lomba lagu qasidah.

SOSOK PEMUDA
1.                  Nabi Muhammad saw
2.                  Ali bin abi Thalib
Dalam tarikh Islam kepada kita diinformasikan bahwa Ali Ibn Abi Thalib, adalah sosok pemuda yang berusaha menyelamatkan diri dari pengaruh jahiliyah dan tidak pernah tunduk kepada berhala. Karena itu, dia digelar dengan Karramallahu wajhah. Orang bijak mengatakan: Semangat pemuda dapat merobohkan gunung yang tinggi.
3.                  Ashhabul kahfi
Allah SWT menampilkan satu episode kehidupan penting pemuda dalam Al-Quran, surah al-Kahfi. Mereka adalah sosok pemuda masa lalu yang sukses dunia dan akhirat yang dijadikan contoh bagi umat Nabi Muhammad, untuk menjadi inspirasi dan solusi bila kondisi di mana kejahatan menyelimuti dan hal itu akan terulang kembali. Karena itu, setiap Muslim harus menggunakan Al-Quran dan Sunnah sebagai landasan normatif dalam menyelesaikan setiap persoalan yang dihadapinya.

4.                  Nabi Ibrahim




Komentar

Postingan populer dari blog ini

PASAMBAHAN MAKAN BUKITTINGGI

PIdato Pendek " Man Jadda Wajada "

Doa harian muslim