Urgensi Pendidikan
URGENSI PENDIDIKAN ANAK
” Burung dara terbang berempat terbang tinggi diatas angkasa.
Kalau anda ingin selamat turut perintah ayah dan bunda”
Penggalan
bait syair lagu kasidahan ( bernuansa islami ) ini akan terasa menyentuh kalbu
kalau sekiranya dinyanyikan oleh seorang qari atau qari’ah yang notabene bersuara merdu. Apalagi diiringi oleh pukulan
rebana dengan bunyi “ tak tung taktung tak”. Dan terbayang oleh kita barisan
anak anak remaja putri melengkung dengan rebana , tamburin dan ceer ditangan
mereka. Kita doakan mudah mudahan yang mengarang syair ini diberikan pahala
amal shaleh oleh Allah Swt .Amin. Memohon izin saya kepada pencetus pengarang lagu
kasidah ini untuk memaknai kandungan potongan
syair ini. Burung dara adalah sosok seorang anak dari manusia. Terbang tinggi
diatas angkasa artinya telah berhasil dalam hal kehidupan penghidupan. Kalau
anda ingin selamat artinya adalah selamat dari kehidupan yang diberkahi didunia
akhirat. Perintah orang tua disini tentu merujuk kepada (QS Luqman 15), selama
perintah itu masih dalam bingkai kesholehan. Jadi makna syair adalah “ Seorang
anak yang sudah mapan secara ekonomi dan sudah berhasil dalam kehidupan nya
maka ia semestinya menuruti perintah (berbakti ) orang tuanya.
Pesan
sakral dari lantuanan syair rebana kasidah ini akan bermakna terbalik bila
seorang anak tidak lagi berbakti lagi kepada ayah dan bundanya.Mungkin dalam
bentuk menjaganya dikala tua, mendo’akan bila telah meninggal dunia, atau
bersilaturrahmi dengan kerabat yang disayanginya semasa hidup. Dalam teori
disebutkan bahwa “ Buah yang dipetik
hari ini merupakan hasil dari benih yang tersemai sebelumnya , hukum kausalitas.
Kita harus bicarakan substansi masalah bukan dengan sebelah mata, atau melihat pucuk tanaman tanpa memeriksa urat
akar, yang menopang munculnya batang. Anak yang bermasalah barangkali karena
kealfaan orang tua memberikan uswah ketika anak itu masih kecil. Berbuat baiklah
kepada orang tuamu niscaya anakmu juga akan berbuat baik padamu. Didiklah
anakmu karena mereka dilahirkan untuk suatu zaman bukan zamanmu. Anak tidak hanya terbatas pada
manusia yang dilahirkan tulang sulbi kita saja, atau anak cucu keturunan kita saja,
namun termasuk juga setiap anak orang muslim dimanapun ia berada atau dari
bangsa manapun. Mereka termasuk generasi umat yang menjadi tumpuan harapan
umatan wahidah umat yang satu.( Muhammad Ali Qutub.Aauladuna Fi Dhaui Tarbiyah
Islamiyah,1993) Dunia dan kehidupan anak
berbeda dengan kehidupan orang dewasa (oleh Ellen key). Maka setelah itu muncullah teori VOM KINDE OUS pendidikan harus dipandang dari
sudut anak itu sendiri, child centered pendidikan harus berpusat pada anak.dll (
Wallahualambishawab )
Muhammad Ali Qutub memberikan teori bahwa pendidikan anak
dimulai dari :
1.
Perkawinan (Mempersiapkan kelahiran (
nama yang baik.)
2.
Pendidikan pendahuluan QS 16 annahal 78
3.
Masa pemantapan I ( umur 7 s/d 10
tahun)
4.
Masa penemuan( penemuan peradaban
baru, dan penemuan diri)
5.
Masa pemantapan ke II ( Masa Balig
dan Nikah)
Hak Anak dalam islam menurut
Jalaluddin Rahmad dalam bukunya ISLAM
AKTUAL
1. Diberi nama
yang baik
-
Shakespeare= What is in a name
-
Tukijo pasti orang jawa, si bujang urang awak
.harahap,medan. Sun yat sen cina.makusito jepang ( nama menunjukkan bangsa
-
Ahli Hikmah Mengatakan
“
Jika kita belum melihat orang yang paling disukai adalah bagus namanya
Bila
sudah melihat orangnya, yang paling disukai bagus wajahnya
Bila
sudah mendengar percakapannya yang paling disukai bagus pembicaraannya
Bila
sudah berkumpul, yang paling bagus akhlaknya
-
Jangan dipanggil anak dengan yang jelek, bodoh, mada
dll
2. Mendapat kasih sayang
Hadits
nabi “ tidak umatku ,orang yang tidak menghormati yang tua dan tidak menyayangi
yang kecil
Doronthy
law berpuisi”
Jika
anak dibesarkan dengan celaan, ia belajar memaki orang
Jika
anak dibesarkan dengan permusuhan, ia belajar berkelahi
Jika
anak dibesarkan dengan cemooh, ia
belajar rendah diri
Jika
anak dibesarkan dengan pujian, ia belajar menghargai
Jika
anak dibesarkan dengan dorongan ia belajar percaya diri tinggi
Jika
anak dibesarkan dengan kasih sayang, ia
belajar menyayangi
Nabi bersabda : man la
yarham la yurham, siapa yang tak pandai menyayangi, tidak akan disayangi.
Ada yang harus diperhatikan : jangan anda mempunyai anak
kalau tidak ada waktu untuk mereka, jika ada waktu untuk mereka pergunakan
dengan serius. Ada orang secara fitrah mencintai anaknya akan tetapi
tersembunyi, baru anak menyadari setelah orang tuanya telah tiada.
Apakah yang akan terjadi bila anak kekurangan kasih sayang
dari orang tua?
Ada istilah” Ayam baranak itiak, anak batu lado,anak pelor.anak
singkong. Manggadangkan anak ula. Anak saliah.anak pisang( dibawah katiak
induak taruih)
Menghadapi
Anak dan Remaja.
Diskusi
Muslimat dewan dakwah tanggal 21 Oktober 2012. Di Kantor dewan dakwah Yarsi
kota Bukittinggi
Tujuan
Forum Diskusi saat ini menurut Masdiwar
( Harian rakyat Sumbar edisi 114
, jumat 19 Oktober 2012” Mengamati atau Mengkaji perkembangan anak dan remaja
saat ini yang mereka dihadapkan dengan kemajuan
ai ti ( IT)informatika telekomuniasi.
Pertanyaan yang
mengusik saya adalah untuk apa kita urus masalah anak dan remaja ini. Siapa
yang menyuruh kita, atau apa kepentingan kita membicarakan ini? Adakah undang
undang yang mengatur untuk urusan ini?
Undang Undang
dasar mengatur tentang anak adalah : Fasal 34 ayat 1 “ Fakir miskin dan anak
anak terlantar dipelihara oleh Negara.
Dari mana kita harus mulai kajian ini, kalau kita
bicara tumbang menurut kajian psikologi saya tidak ahlinya . kalau dikaji
tentang kesehatan dokter pakarnya , bukan
saya. Alangkah lebih baik kiranya kita coba apa kata alquran dan hadits tentang
tumbuh kembang anak menurut Islam.
Dalam alquran istilah
anak disebut dengan istilah
A.
warits,QS Alanbiya 89)
B.
zurriyah QS annisa 9 / Alfurqan 74
C.
nasab QS Alfurqan 54
D.
waladan QS alqahfi 39
E.
albaaqin/baaqiyah( alhaqqah
8)
Dalam alquran
disebutkan “ Jangan kamu tinggalkan anakmu miskin”( QS 4 Annisa 9 ).dilain hal
menurut
Abdullah nasih ulwan dalam kitabnya
Tarbiyatul aulad ( terjemahan PPADI )” Cinta kepada anak merupakan
fitrah manusia ( QS.18 : 46)
الْمَالُ
وَالْبَنُونَ زِينَةُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَالْبَاقِيَاتُ الصَّالِحَاتُ خَيْرٌ
عِندَ رَبِّكَ ثَوَاباً وَخَيْرٌ أَمَلاً
Orang arab
melantunkan Sa’ir untuk kegembiraan nya terhadap anak.
Nilai
pendidikan tentang anak
( Adab dengan orang tua ) QS
annur 21 :59 Dan apabila anak-anakmu telah sampai umur balig, maka
hendaklah mereka meminta izin, seperti orang-orang yang sebelum mereka meminta
izin[1049]. Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayat-Nya. Dan
Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.
Tantangan orang tua terhadap
anak :
1.
Anak cobaan QS 8: 28 / QS Attagabun 15
2.
Anak itu MUsuh QS Attagabun 14
3.
tidak berguna QS Almumtahanah 3
4.
Melalaikan dari mengngat Allah QS Almunafiqun 9
Bakti anak
1.
QS Luqman 15
2.
Qs Al isra’ 23
REMAJA/PEMUDA HARAPAN BANGSA
“
Remaja/pemuda hari ini adalah pemimpin di masa yang akan dating ( Mustafa
al-Gulayaini)
"Kami
kisahkan kepadamu (Muhammad) cerita ini dengan benar. Sesungguhnya, mereka
adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada Tuhan mereka dan Kami tambah pula
untuk mereka petunjuk."
Kata-kata
pemuda dalam Alquran diistilahkan dengan fatan, seperti firman Allah SWT pada
surah al-Anbiya [21] ayat 60 tentang pemuda Ibrahim. Bentuk jamak dari fatan
adalah fityah (pemuda-pemuda), seperti kisah pemuda-pemuda Ashabul Kahfi pada
surah al-Kahfi [18] ayat 13
Sejak
dahulu sampai sekarang remaja selalu menjadi pusat perhatian berbagai kumpulan
masyarakat seperti orang tua, organisasi, agama, dan masyarakat umum. Bahkan, Pemerintah
dalam hal ini tidak segan-segan mengeluarkan sejumlah anggaran besar untuk
mengurus berbagai hal tentang remaja dan pemuda. Besarnya perhatian
berbagai kalangan tentang remaja disebabkan karena pemuda adalah asset umat yang saangat berharga, kita
berkewajiban menyelamat mereka dari berbagai kejahatan, membenteng mereka dari pengaruh –pengaruh
sesat dewasa ini. banyaknya harapan dan
potensi yang diinginkan oleh berbagai komponen masyarakat, termasuk pemerintah
pada diri pemuda / remaja
Kondisi saat ini
§ fakta anak FUNK, (dengan
prilaku yang aneh, mengecat rambu berwarna-warni, pakaian compang-camping,
tidur di bawah-bawah jembatan, atau di pinggir-pinggir jalan raya dengan
selingan narkoba dan hura-hura serta
kehidupan bebas tanpa batas,
§ ada remaja yang masuk ke dalam boks
warnet pada waktu magrib, keluar selepas subuh, bersama laki-laki, dan bahkan
bersama perempuan.
§ ada remaja yang mencari jati diri,
berjumpa dengan orang-orang penebarkan fitnah dan kesesatan pada akhirnya aliran
sesatpun ditelannya tanpa reserve, maka terjadilah sebagaaimana yang kita
saaksikan sekarang ini.
§ Ada juga remaja yang berhasil
HARAPAN
anak yang berbakti dan pahlawan
keluarga oleh orang tua,
menjadi anak yang cerdas (intelek) dan bermoral
oleh pendidik,
orang
yang beriman dan bertaqwa serta berahlak mulia oleh agama,
menjadi
calon pemimpin dalam organisasi, dan menjadi pencipta kedamaian dan ketertiban
oleh masyarakat umum.
bangsa
dan negara adalah pelanjut pembangunan bangsa ke depan yang berkualitas,
kontrol
sosial, agen perubahan, atau pelopor dan
pelaksana kegiatan yang berbasis kemasyarakatan dan umat.
Untuk
mewujudkan keseluruhan harapan tersebut di atas, mustahil terwujud dengan
sendirinya, perlu ada langkah-langkah strategi guna mewujudkannya.
4 macam upaya-upaya yang srategis:
1. Menekankan pembinaan remaja di lingkungan
keluarga dan melalui pendidikan formal (sekolah).
2. Pemerintah jugaharus giat mengadakan seminar atau pelatihan
mengenai remaja
3. Membentuk berbagai macam lembaga atau
organisasi pemuda, baik yang berciri sosial kemasyarakatan, pendidikan,
politik, maupun lembaga pemuda yang bercirikan aliran tertentu. ( Remaja
Masjid)
Semua
kegiatan atau organisasi ini setidaknya memberikan kontribusi yang banyak dalam
mewujudkan harapan berbagai komponen masyarakat dan pemerintah terhadap
diri remaja, atau minimal menjadi wadah bagi remaja untuk menyalurkan
bakat dan minatnya. Selain itu, adanya kegiatan atau organisasi remaja
tersebut mampu menggali potensi remaja
menjadi remaja kreatif, inovatif
Salah
satu kegiatan atau organisai remaja yang dipandang mampu mewujudkan harapan
berbagai komponen masyarakat, termasuk bangsa terhadap remaja adalah remaja
mesjid. Melalui organisasi ini dilakukan aneka kegiatan atau program
kerja yang tidak hanya berorientasi keagamaan (Islam), tetapi juga hal-hal
sosial kemasyarakatan. Sebagai sebuah wadah pembinaan remaja, remaja mesjid
memiliki ciri khas atau keunikan yang jarang didapatkan di organisasi bersifat
umum. Organisasi menggabungkan antara penenaman nilai-nilai agama Islam (ibadah)
dengan kegiatan sosial kemasyarakatan (muamalah). Contoh, baca tulis Al-Qur,an,
kajian seputar agama Islam, latihan dasar kepemimpinan, bakti sosial, seminar
dan pelatihan tentang masalah remaja, atau lomba lagu qasidah.
SOSOK
PEMUDA
1.
Nabi Muhammad saw
2.
Ali bin abi Thalib
Dalam tarikh Islam kepada kita diinformasikan bahwa Ali Ibn Abi
Thalib, adalah sosok pemuda yang berusaha menyelamatkan diri dari pengaruh
jahiliyah dan tidak pernah tunduk kepada berhala. Karena itu, dia digelar
dengan Karramallahu wajhah. Orang bijak mengatakan: Semangat pemuda
dapat merobohkan gunung yang tinggi.
3.
Ashhabul kahfi
Allah SWT menampilkan satu episode kehidupan penting pemuda dalam
Al-Quran, surah al-Kahfi. Mereka adalah sosok pemuda masa lalu yang sukses
dunia dan akhirat yang dijadikan contoh bagi umat Nabi Muhammad, untuk menjadi
inspirasi dan solusi bila kondisi di mana kejahatan menyelimuti dan hal itu
akan terulang kembali. Karena itu, setiap Muslim harus menggunakan Al-Quran dan
Sunnah sebagai landasan normatif dalam menyelesaikan setiap persoalan yang
dihadapinya.
4.
Nabi Ibrahim
Komentar
Posting Komentar