POTENSI GEMPA SUMBAR 2015

Waspada, Segmen Sianok Berpotensi Lepaskan Energi Gempa Skala Besar

Andri Mardiansyah | Jumat, 24-04-2015 | 17:04 WIB
Waspada, Segmen Sianok Berpotensi Lepaskan Energi Gempa Skala Besar
Covesia.com - Dari Empat segmen, segmen Suliti, segmen Sumani, segmen Sianok dan segmen Sumpur dengan panjang rata-rata 60 - 200 kilometer, ternyata, segmen Sianok merupakan salah satu segmen yang berpotensi mampu melepaskan energi gempa dangkal dengan kekuatan besar hingga 7,3 SR
"Segmen Sianok memiliki potensi energi gampa yang cukup besar,"sebut, Kabid Geologi ESDM Sumbar, Nuzuwir, Jumat (24/4/2015).
Data hasil penelitian ESDM Sumbar lanjut Nuzuwir, menunjukkan bahwa segmen Sianok memanjang dari sisi timur laut danau Singkarak, melewati sisi barat daya gunung Marapi hingga Ngarai Sianok, dan memiliki panjang segmen 90 kilometer yang terletak pada koordinat 0.7�S-0.1�N.
Mengingat ancaman cukup besar, maka harus diambil kebijakan mitigasi bencana seperti, membangun persepsi yang sama bagi semua pihak, pelaksanaan mitigasi bencana dilaksanakan secara terpadu terkoordinir yang melibatkan seluruh potensi pemerintah dan masyarakat, serta ada upaya preventif yang harus diutamakan agar kerusakan dan korban jiwa dapat diminimalkan.
"Segmen Sianok merupakan segmen yang aktif, sehingga perlu kewaspadaan tinggi karena sewaktu waktu bisa terjadi gempa, dengan magnitudo besar maupun kecil. Maka dari itu, selain mitigasi bencana, kewaspadaan masyarakat akan ancaman ini juga harus ditingkatkan,"tutup, Nuzuwir.
Diketahui, Sumbar secara geografis menempati bagian Barat Pulau Sumatera yang merupakan salah satu provinsi rawan bencana alam geologi. Secara geotektonik, Sumbar tepat berada di depan zona penunjaman lempeng Samudera India-Australia yang aktif menunjam kebawah pulau Sumatera tepatnya di Palung Laut Kepulauan Mentawai (Jalur Beniof-Wadati).
Tak hanya itu, Sumbar juga juga dilintasi oleh patahan sesar besar Sumatera (sesar semangko) dan memanjang di sepanjang Pulau Sumatera, mulai dari ujung Aceh sampai Selat Sunda, dengan bidang vertical dan pergerakan lateral mengkanan (dextral-strike slip), sesar Sumatera sangat tersegmentasi. (aan
- See more at: http://m.covesia.com/berita/14644#sthash.4PYgMr3q.dpuf

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PASAMBAHAN MAKAN BUKITTINGGI

PIdato Pendek " Man Jadda Wajada "

Peradaban Islam Periode Rasulullah di Madinah (622 – 632 M)