ujian uas ADM Pendidikan Pasca IAIN Bkt
UJIAN AKHIR SEMESTER
PROGRAM
PASCASARJANA IAIN
BUKITTINGGI TAHUN AKADEMIK 2015/2016
Nama Mahasiswa : AZWARMAN
NIM :
201 15 031
Mata Kuliah :
Administrasi&PengelolaanPendidikan Agama Islam
Sifat :
Take Home
Program Studi :
Pendidikan Agama Islam (PAI)
Semester :
1 (satu)
Hari/Tanggal :
Jumat,26 Desember 2015
Dosen :
Dr. H. DarulIlmi, S.Ag, M.Pd
Soal 1
Administrasi dan Pengelolaan Pendidikan Agama
Islam merupakan komponen-komponen yang tidak dapat dipisahkan satu sama
lainnya. Untuk sampai pada pemahaman seutuhnya perlu dijelaskan
masing-masingnya.
1. Jelaskan terlebih dahulu pemahaman anda tentang Administrasi,
pengelolaan dan pendidikan Agama Islam baik menurut teori klasik, teori modern
maupun menurut tinjauan Al-qur’an dan hadits
2. Bagaimana
keterkaitan antara Administrasi, pengelolaan dan Pendidikan Agama Islam
3. Jelaskan sumbangan mata kuliah ini dalam memperbaiki system
pendidikan dibawah naungan kementerian Agama.
Jawaban Soal 1:
1.
Menurut
pendapat saya “administrasi merupakan aktifitas pengelolaan dan perencanaan
yang terukur dan dapat dipertanggung jawabkan baik secara individual maupun lembaga pendidikan Islam” . Banyak teori
tentang hal ini, diantaranya:
v Madenan
Sosromijoyo,( 1983) , Administrasi adalah organisasi dan penjurusan dari
sumber-sumber tenaga manusia dan materil guna mencapai tujuan yang ditentukan.
v (Hick
dan Gullett, 1975).Administrasi adalah salah satu bagahian dasar teori klasik organisasi yang dibiaskan
pada praktek manajerial dalam teori administrasi
v Harold
& Cyril O’Danel (1972):Pengelolaan adalah sebagai usaha untuk mencapai
suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain.
v Andrew
F.Siula (1985): Pengelolaan pada umumnya dikaitkan dengan aktifitas
perencanaan, pengorganisasian, pengendalian,penempatan, pengarahan,
pemotivasian, komunikasi, dan pengambilan keputusan yang dilakukan oleh setiap
organisasi dengan tujuan untuk mengkoordinasikan berbagai sumberdaya yang
dimiliki oleh organisasi, sehingga akan dihasilkan suatu produk dan jasa secara
efisian.
v Dalam
agama Islam administrasi merupakan bahagian dari sunnatullah yang mesti
dilaksanakan oleh manusia sebagai makhluk yang diciptakan ahsanu taqwim.
2. Keterkaitan antara Administrasi, pengelolaan dan Pendidikan Agama Islam adalah
Refleksitas seorang pimpinan lembaga pendidikan Agama Islam sebagai manajer
untuk menganalisa tugas dan tujuan lembaga pendidikan Agama Islam dan
untuk merancang strategi spesifik maupun mengidentifikasi bahan baku dan
personil yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tujuan lembaga tersebut.
3. Sumbangan
mata kuliah ini dalam memperbaiki system pendidikan dibawah naungan kementerian
Agama cukup besar, karena tidak satupun bagian yang tidak terlepas dari
administrasi.baik dalam skala micro lembaga pendidikan maupun bicara tentang
system. Sebagai suatu contoh dalam pengadaan sarana prasarana , sangat penting
diatur dalam sebuah system administrasi yang matang sehingga kran yang terbuka
dapat mengalirkan suatu keuangan secara professional dan proporsional.
Soal 2
Rumuskan pemahaman anda
berkenaan dengan berbagai pendekatan dalam pengelolaan pendidikan Agama Islam,
kemudian jelaskan mana yang lebih efektif diantara pendekatan tersebut dengan
alasan yang logis.
Jawab Soal no 2
Ada tiga hal pendekatan yang telah dirinci oleh Ramayulis(2008)
dalam pendidikan agama Islam Yaitu Pendekatan Organisasi Klasik yang diilhami
sebenarnya oleh F.Taylor . dalam pendekatan ini menyakini bahwa kekuatan suatu
organisasi berasal dari SDM atau sumberdaya manusianya. Jadi seorang manager
yang baik adalah yang mampu memberdayakan tenaga manusia. Pendekatan kedua
adalah Pendekatan harmonis social dipelopori oleh Mary Parker(1933) atau pendekatan
antar manusia kegagalan dalam pendekatan ini akan berujung pada konflik. Dan ketiga adalah pendekatan
Prilaku yang dipelopori oleh Chester I Barnard yang bercirikan kerelaan,
komunikasi dan keseimbangan.
Untuk pengelolaan pendidikan agama Islam sendiri diperlukan
kombinasi dalam ketiga pendekatan itu.
Yaitu pendidikan Agama Islam membutuhkan SDM yang handal dengan memberikan
motivasi keilmuan dan keahlian, dari SDM yang berkualitas ini dikembangkan
dalam komunikasi social antar SDM yang ada dan terciptanya keseimbangan.
Soal 3
Rumuskan pemahaman anda
tentang sistem pengelolaan lembaga pendidikan MI, MTs, MA agar memiliki mutu
yang diharapkan, kaitkan keberadaannya menurut Undang-undang nomor 20 tahun
2003 tentang sistem pendidikan nasional
Jawaban Soal 3
Sistem pengelolaan
lembaga pendidikan MI, MTs, MA agar memiliki mutu yang diharapkan, keberadaannya
menurut Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional
sudah dilakukan oleh kementerian Agama RI, dengan mengeluarkan KMA nomor 165
tahun 2014 tentang Kurikulum 2013, hanya saja kelemahannya pada infra struktur
yang belum memadai. Sebagai solusinya adalah Kementerian agama perlu
memperbesar dana anggaran pendidikan dan masing masing lembaga dapat
bekerjasama dengan masyarakat dalam menggalang dana pendidikan.
Soal 4
Pengelolaan Kurikulum, Peserta didik dan pendidik
adalah komponen yang yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya
1.
Jelaskan secara filosofis berkenaan dengan
kurikulum, peserta didik dan pendidik jawaban anda dapat didukung oleh
penjelasan ayat atau hadits
Jawaban:
Kurikulum merupakan sejumlah mata pelajaran yang
akan dipelajari oleh peserta didik.
Peserta didik adalah pribadi atau kelompok orang
yang sedang menerima kurilulum.
Pendidik adalah Tenaga professional yang merancang,
melaksanakan pembelajaran.
Dalam hal kurikulum teori Bloom(1965) belum
terbantahkan sampai saat ini, yaitu Kognitif,Afektif dan Psikomotor dan
teorinya ini merupakan inspiratif dari konsep agama islam ( alquran dan Hadits)
Tentang Kognitif:QS Almujadalah ayat 11
Artinya:Allah akan mengangkat derajat orang yang beriman dan berimu
pengetahuan…. Tentang Afektif QS Alanbiya ayat 105 Artinya Dan Dunia ini
diwarisi oleh hambaku yang sholeh. Dan juga Hadist Nabi: “ Ajarilah anakmu
memanah,berenang dan berkuda”
Tentang Peserta didik dan pendidik :Hadits Nabi” Tidaklah anak itu dilahirkan
kecuali atas dasar fitrah( potensi)…
2.
Bagaimana pengelolaan ketiga komponen tersebut
sesuai dengan kurikulum 2013
Jawaban:
Kurikulum,peserta didik dan pendidik diatur menurut
undang undang Sisdiknas yaitu UU no 20 tahun 2003 dan dikembangkan dalam KMA no
117 tahun 2014 tentang Implementasi Kurikulum 2013 di Madrasah. Dan KMA no 165
tahun 2014 tentang pedoman kurikulum madrasah 2013.
Berikan uraian atas pertanyaan di
bawah ini
1.
Bagaimana Pengelolaan pendidikan
Agama Islam pada tingkat makro dan mikro, serta bagaimana pendapat anda apakah kebijakan
pada tingkat makro sudah relevan pada kondisi
mikro
Jawaban :
Pengelolaan
Pendidikan pada tingkat makro adalah dengan mengeluarkan kebijakan-kebijakan
secara nasional oleh pemerintah tentang kebutuhan nasional pendidikan
menyangkut seluruh intitusi pendidikan beserta mutu pendidikan itu sendiri. Dan
dikembangan secara messo dalam skala kecil lalu diterjemahkan melalui perencanaan
pada tingkat institusi secara mikro.
2.
Bagaimana mengembangkan lembaga
pendidikan dan tenaga kependidikan Pendidikan Agama Islam
Jawaban :
Salah satu
cara mengembangkan lembaga pendidikan dan tenaga kependidikan Pendidikan Agama
Islam adalah mengakreditasi lembaga yang ada dan membangun lembaga baru sebagai
pengembangan. Memberikan peluang kepada tenaga kependidikan untuk mengembangkan
keahlian baik secara mandiri atau biaya pemerintah dengan cara melanjutkan perkuliahan
kepada yang lebih tinggi, S1,S2,S3 atau serifikasi , diklat keahlian dan lain
3.
Pada zaman dulu lembaga pendidikan
Islam di Sumatera Barat mengalami perkembangan dan menjadi kebanggaan, seperti banyak
tokoh nasional berasal dari Sumatera Barat namun sekarang kondisi tersebut tidaklah
demikian menurut anda pergeseranapa yang terjadi?
JAWABAN:
Jelas terjadi
pergeseran paradigma baik pada tingkat masyarakat awam dan intelek Diakui memang begitu adanya. Hal ini merupakan
perbedaan cara pandang. Perbedaannya pada Indikator ketokohan itu sendiri. Kalau kita mau jujur pada saat ini tidak
sedikit ulama yang lahir dari lembaga lembaga pendidikan Sumatera Barat yang
masih eksis. Banyak Professor, Doktor menjadi Guru Besar dan lain lain. Cuma
kebanyakan mereka tidak bersentuhan langsung (mengakar) dengan masyarakat awam
secara kuantitatif lebih banyak. Atau
kondisi politik berbeda dengan zaman tempo dulu. Pada sa’at ini kita mengenal
gubernur Sumatera Barat dan atau mantannya juga seorang pablik figure. Menjadi Meteri , Azyumardi
Azra yang nota bene adalah orang Sumatera Barat dan Makmur Syarif Buya Syafi’I
Ma’arif mantan PP Muhammadiyah dll. Jadi terbantahlah image yang miring tentang
ketokohan Sumatera Barat.
4.
Kepemimpinan adalah satu aspek
yang sangat penting dalam pengelolaan pendidikan Agama Islam
a.
Berikan analisis anda apa
yang dimaksud dengan kepemimpinan
Jawaban:
Kepemimpinan disebut juga leadership, Qiyadah,
imamah ,pokok bahasannya adalah suatu teknik managemen dalam menuntun
bawahannya, baik dalam bentuk lembaga atau kelompok tertentu , menunjukkan
jalan atau membimbing mereka mencapai tujuan tertentu.
b.
Apa permasalahan pada kepemimpinan
lembaga pendidikan Agama Islam
Jawaban:
Kepemimpinan lembaga pendidikan Agama Islam
memiliki permasalahan yang cukup komplek, meliputi Sumber daya Manusia (SDM)
yang belum Profesionalitatif dan proporsionalitatif. Artinya Pelaksana dari
sebuah leadership belum sempurna dalam menguasai keahlian dalam bidangnya atau
penempatan yang belum tepat. Seperti seorang guru tidak berlatar-belakang
kependidikan. Belum bisa mengkafer semua persoalan yang muncul.
c.
Jelaskan beberapa teori tentang
kepemimpinan dan mana yang lebih efektif dari teori tersebut bila dilihat dari perspektif
religious
Jawaban:
Banyak teori-teori tentang kepemimpinan
diantaranya:
ü Teori Laiser Faire yaitu meletakkan tanggung jawabnya pada
bawahannya.
ü Parsipatif yaitu Mengikutkan bawahan sebagai pengambil
keputusan
ü Otokrasi yaitu menjadi pemimpin terus menerus,
ü Co-operatif yaitu mempunyai daya penggerak, tampak sederhana
dan sangat berpengaruh
ü Tipe Penunjuk : Memimpin dengan garis garis besar tapi
mempuanyai perhatian yang kecil pada hal yang kecil pada keadaan sekitar.
Dari keempat
teori diatas maka teori kepemimpinan yang baik dalam perspektif keagamaan
adalah Co-operatif parsipatif. Sebab gabungan dua tipe kepemimpinan ini sangat
cocok dengan semangat musyawarah kebersamaan dalam Islam yang berkemajuan dan
memungkinkan dapat membawa missi Islam yang rahmatan lilalamin
5.
Dulu banyak orang belajar ke
Indonesia, namun sekarang sebaliknya banyak orang Indonesia belajar keluar ,berikan
analisis anda apa yang salah dengan system pendidikan kita sehingga terjadi perubahan
tersebut.
Jawaban :
Keberagaman suku
budaya ,etnis dan agama di Indonesia ,menjadikan ketertarikan tersendiri bagi
negara lain untuk belajar kepada Indonesia sampai saat ini tentang teori Bineka
Tunggal Ika walaupun berbeda beda tetap bersatu. Dan Penduduk Muslim terbesar
didunia yang hidup damai.
Pada tataran
pendidikan Indonesia , Negara Indonesia tidak lagi sebagai kiblat bagi Negara
lain , hal ini disebabkan beberapa hal diantaranya:
1.
Sistem Kurikulum pendidikan
Indonesia yang cenderung berubah rubah tidak konsisten.
2.
Tidak adanya ( sangat
sedikit) program beasiswa untuk belajar di Indonesia.
3.
Merosotnya predikat
Indonesia dalam pendidikan dunia.
4.
Minimnya pengembangan
penelitian di Indonesia
5.
Minimnya laboraturium saint
di Indonesia.
Besarnya arus
belajar keluar negri bagi mahasiswa Indonesia suatu hal yang sangat positif .
Hal ini disebabkan beberapa hal diantaranya:
1.
Keberhasilan diantara
mahasiswa Indonesia mengembangkan keilmuan di luar negeri baik sebagai peneliti
atau dosen pengajar.
2.
Minimnya daya tampung
sekolah-sekolah paforit di Indonesia.
3.
Ada kesempatan beasiswa
yang ditawarkan luar negri
4.
Kurangnya penghargaan
terhadap pemangku keilmuan di Indonesia.
Solusi yang
dapat dilakukan adalah dengan memperbanyak peluang tukar pelajar.
Komentar
Posting Komentar