RPP TTG IBADAH
RPP
VERSI TERBARU 104
(RPP)
Satuan Pendidikan : MAS Madinatul
Munawwarah Bukittinggi
Kelas/Semester : X (
SEPULUH )
Mata Pelajaran : Fikih
Pertemuan ke- : 1 ke satu.
Alokasi Waktu : 4x 45 menit( 2 x pertemuan)
A. Kompetensi Inti (KI)
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif danpro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagaipermasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosialdan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi,seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dankejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian
yang spesifik sesuai dengan baksat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrakterkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secaramandiri,
dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar (KD)
1.2. Meyakini
syariat Islam tentang kewajiban penyelenggaraan jenazah
2.2
Memiliki rasa tanggung jawab tentang kewajiban penyelenggaraan jenazah
3.2. Menganalisis tata cara
pengurusan jenazah dan hikmahnya
4.2. Memeragakan tata cara
penyelenggaraan jenazah
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.2. 1. Meyakini
syariat Islam tentang kewajiban penyelenggaraan jenazah
2.2.1.Memiliki
rasa tanggung jawab tentang kewajiban penyelenggaraan jenazah
3.2.1. Menganalisis tata cara
pengurusan jenazah dan hikmahnya
3.2.2. Mengetahui tata cara adab menghadapi
orang sakarat maut.
3.2.3. Dapat meceritakan kembali pelaksanaan
menghadapi orang yang sakarat maut
3.2.4. Dapat menentukan bacaan yang
diperlukan dalam sakarat maut
3.2.5. Menentukan bahan bahan yang
dibutuhkan dalam menyelenggarakan jenazah
3.2.6. Menceritakan tata cara merobek
4.2.1. Memeragakan tata cara penyelenggaraan
jenazah
4.2.2. Membacakan takbir 1 s/d 4
Dapat memperagakan tata cara memasukan mayat
kedalam kubur
D. Materi Pokok
Penyelenggaraan Jenazah ( terlampir)
Langkah-langkah Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
A.Pendahuluan1.
Pendahuluan/Kegiatan
Awal ( 10 )
Guru mengucapkan salam
dan meminta salah satu peserta didik memimpin doa pembuka
Guru mengabsensi peserta
didik sambil menanyakan kabar beritannya
Guru mengadakan tes
kemampuan awal melalui pertanyaan singkat
Guru mempersiapkan fisik
dan psikis peserta didik melalui senam otak ataupun diajak bernyanyi yang
riang
Guru menjelaskan tujuan
mempelajari materi dan kompetensi yang akan dicapai
Guru menjelaskan langkah
yang akan dilaksanakan selama proses pembelajaran
Guru membentuk kelompok
diskusi secara hiterogen dan seimbang
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti
Mengamati
Peserta didik mengamati materi tayangan slide pp tentang penyelenggaraan jenazah dengan teliti dan rasa ingin tahu.
Peserta didik diminta
untuk melihat dan mencermati tayangan tentang penyelenggaraan jenazah.
Peserta didik dibagi ke
dalam beberapa kelompok.
Menanya
Mempersiapkan pertanyaan
yang berkaitan dengan penyelenggaraan jenazah dan tata caranya.
Setiap kelompok
mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang telah dipersiapkan kepada kelompok
lain. Kelompok lain menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepadanya.
Peserta didik menerima
penguatan dan penjelasan materi dari guru tentang penyelenggaraan jenazah dan
tata caranya..
Mencoba (explorasi)
Peserta didik
mendemonstrasikan tata penyelenggaraan jenazah dan pada waktu itu juga guru
langsung membimbing dan membetulkan tata cara penyelenggaraan jenazah yang
kurang tepat secara klasikal hingga selesai dengan penuh disiplin, tanggung
jawab, dan santun.
Guru memberikan penguatan
tata cara penyelenggaraan jenazah dan
kembali mendemonstrasikan tata penyelenggaraan jenazah yang diikuti
oleh peserta didik secara klasikal.
Komunikasi.
Peserta didik mewakili
kelompoknya menyampaikan hasil diskusi tentang penyelenggaraan jenazahdan tata caranya.
Peserta yang lain baik
secara individual maupun kelompok menanggapi hasil presentasi (melengkapi,
mengkonfirmasi, menyanggah).
Setelah guru memberikan
lembar kerja secara kelompok, peserta didik merumuskan jawaban dengan penuh
teliti, tanggung jawab dan kerja sama/gotong royong dengan anggotanya
Asosiasi/Menalar :
Peserta didik membuat
sebuah perbuatan yang berkaitan dengan Penyelenggaraan Jenazahyang baik dan
benar
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
Guru mengadakan refleksi
atas proses dan hasil pembelajaran yang sudah dilaksanakan
Guru mengajak peserta
didik untuk menyimpulkan hasil pembelajaran yang sudah dikuti secara langsung
Guru mengadakan tes
secara langsung dengan soal yang sudah disiapkan baik secara tertulis ataupun
lisan
Guru menjelaskan secara
singkat materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya
Guru memberikan pesan-pesan
moral terkait dengan penanaman sikap KI 1 dan KI 2
Guru mengajak berdoa
dengan Doa Akhir Majlis (Kafarotul Majlis) dilanjutkan dengan salam dan
berjabat tangan dengan seluruh peserta didik
|
10 menit
|
Sumber belajar dan media pembelajaran
Media/ alat OHP/komputer,LCD.
Bahan Slide
Film pendek / bahan tayang
Sumber referensi :Buku.Alquran,LKS
Penilaian
Bentuk dan Teknik Penilaian
Bentuk Penilai
|
Teknik Penilai
|
Sikap
|
Pengamatan
|
Pengetahuan
|
Tes tertulis ( Uraian)
|
Keterampilan
|
Menyelesaiakan soal
latihan
|
Penilaian Sikap
Observasi
Intrumen Penilaian ( Pengamatan Perilaku ……)
No
|
Indikator Yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1
|
Rasa ingin tahu
|
Pengamatan
|
Kegiatan inti
|
2
|
Tanggungjawab
|
Pengamatan
|
Kegiatan inti
|
3
|
Kerja Sama
|
Pengamatan
|
Kegiatan Inti
|
|
|
|
|
LembarObservasi: Rasa InginTahu
Indikator
|
Sering (4)
|
Kadang 2 (3)
|
Kurang (2)
|
Tidak Pernah (1)
|
-Aktif bertanya
|
|
|
|
|
-Aktif berdiskusi
|
|
|
|
|
-Aktif memberi
tanggapan/jawaban
|
|
|
|
|
LembarObservasi: TanggungJawab
Indikator
|
Sering (4)
|
Kadang 2 (3)
|
Kurang (2)
|
Tidak Pernah (1)
|
-Menyelesaikan tugas
dengan baik
|
|
|
|
|
-Masuk kelas tepat waktu
|
|
|
|
|
Lembaran
Observasi : Berkomunikasi
Indikator
|
Sering (4)
|
Kadang2 (3)
|
Kurang (2)
|
Tidak Pernah (1)
|
Aktif bertanya dan
mengemukakan pendapat baik dalam kelompok maupun pribadi
|
|
|
|
|
Rubrik Penilaian Perilaku SIKAP
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Menujukan Rasa Ingin Tahu
|
Skor 4 = jika lebih dari
5 kali bertanya
Skor 3= jika lebih dari 3
kali bertanya
Skor 2= jika 1 kali
bertanya
Skor 1 = jika tidak pernah
bertanya.
|
2
|
Menunjukan tanggung jawab
|
Skor 4 = jika tidak
pernah terlambat
Skor 3 = jika terlambat
maksimal 2 kali
Skor 2 = jika terlambat
lebih dari 2 kali
Skor 1 = jika terlambat
lebih dari 5 kali
|
3
|
Santun
|
Skor 4 = aktif
mengemukakan pendapat dalam
-berdiskusi
- Menjawab pertayaan
dengan benar
- Aktif Bertanya
Dengan santun dan baik
Skor 3 = apabila 2 aspek
diatas dipenuhi
Skor 2 = apabila 1 aspek
dipenuhi
Skor 1 = apabila tidak
ada aspek yang terpenuhi
|
Nilai Sikap = Diambil dari Modus Sikap ( yang
sering muncul)
TEST. Kognitif
No
|
Soal
|
Skor
|
KUNCI
|
1
2
3
4
5
|
|
20
20
20
|
|
|
|
100
|
|
NILAI : skor perolehan x 100
Skor max
Mengetahui :
Kepala Madrasah
|
Bukittinggi,
Juli 2015.
Guru Bid Studi
|
Maisir Syamsi
NIP:
|
A z w a r m a n, SPdI
NIP: 197205062005011007
|
Komentar
Posting Komentar