RPP TTG IBADAH


RPP VERSI TERBARU 104
 (RPP)

                               Satuan Pendidikan : MAS Madinatul Munawwarah Bukittinggi
                               Kelas/Semester      :  X ( SEPULUH )
                               Mata Pelajaran       : Fikih
                              Pertemuan ke-         : 1 ke satu.
                               Alokasi Waktu       :  4x 45 menit( 2 x pertemuan)

     A.    Kompetensi Inti (KI)
1.     Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.     Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif danpro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagaipermasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosialdan alam serta dalamenempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.     Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi,seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dankejadian, sertmenerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan baksat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.     Mengolah, menalar, damenyaji dalaranah konkret dan ranah abstrakterkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secaramandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

      B.     Kompetensi Dasar (KD)

1.2.  Meyakini syariat Islam tentang kewajiban penyelenggaraan jenazah
2.2 Memiliki rasa tanggung jawab tentang kewajiban penyelenggaraan jenazah 
3.2. Menganalisis tata cara pengurusan  jenazah dan hikmahnya
4.2. Memeragakan tata cara penyelenggaraan jenazah

C.     Indikator Pencapaian Kompetensi
1.2. 1. Meyakini syariat Islam tentang kewajiban penyelenggaraan jenazah
2.2.1.Memiliki rasa tanggung jawab tentang kewajiban penyelenggaraan jenazah 
3.2.1.  Menganalisis tata cara pengurusan  jenazah dan hikmahnya
3.2.2.  Mengetahui tata cara adab menghadapi orang sakarat maut.
3.2.3. Dapat meceritakan kembali pelaksanaan menghadapi orang yang sakarat maut
3.2.4. Dapat menentukan bacaan yang diperlukan dalam sakarat maut
3.2.5. Menentukan bahan bahan yang dibutuhkan dalam menyelenggarakan jenazah
3.2.6. Menceritakan tata cara merobek
4.2.1.  Memeragakan tata cara penyelenggaraan jenazah
4.2.2.  Membacakan takbir 1 s/d 4
Dapat memperagakan tata cara memasukan mayat kedalam kubur

           D.      Materi Pokok
Penyelenggaraan Jenazah ( terlampir)


Langkah-langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Waktu
1
A.Pendahuluan1.
Pendahuluan/Kegiatan Awal  ( 10 )
Guru mengucapkan salam dan meminta salah satu peserta didik memimpin doa pembuka
Guru mengabsensi peserta didik sambil menanyakan kabar beritannya
Guru mengadakan tes kemampuan awal melalui pertanyaan singkat
Guru mempersiapkan fisik dan psikis peserta didik melalui senam otak ataupun diajak bernyanyi yang riang
Guru menjelaskan tujuan mempelajari materi dan kompetensi yang akan dicapai
Guru menjelaskan langkah yang akan dilaksanakan selama proses pembelajaran
Guru membentuk kelompok diskusi secara hiterogen dan seimbang
10  menit
2
Kegiatan Inti
                 Mengamati
Peserta didik  mengamati materi tayangan slide pp tentang penyelenggaraan  jenazah dengan teliti dan rasa ingin tahu.
Peserta didik diminta untuk melihat dan mencermati tayangan tentang penyelenggaraan jenazah.
Peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok.
                  Menanya
Mempersiapkan pertanyaan yang berkaitan dengan penyelenggaraan jenazah  dan tata caranya.
Setiap kelompok mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang telah dipersiapkan kepada kelompok lain. Kelompok lain menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepadanya.
Peserta didik menerima penguatan dan penjelasan materi dari guru tentang penyelenggaraan jenazah dan tata caranya..

               Mencoba (explorasi)
Peserta didik mendemonstrasikan tata penyelenggaraan jenazah dan pada waktu itu juga guru langsung membimbing dan membetulkan tata cara penyelenggaraan jenazah yang kurang tepat secara klasikal hingga selesai dengan penuh disiplin, tanggung jawab, dan santun.
Guru memberikan penguatan tata cara penyelenggaraan jenazah dan  kembali mendemonstrasikan tata penyelenggaraan jenazah yang diikuti oleh peserta didik secara klasikal.
                      Komunikasi.
Peserta didik mewakili kelompoknya menyampaikan hasil diskusi tentang  penyelenggaraan jenazahdan tata caranya.
Peserta yang lain baik secara individual maupun kelompok menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah).
Setelah guru memberikan lembar kerja secara kelompok, peserta didik merumuskan jawaban dengan penuh teliti, tanggung jawab dan kerja sama/gotong royong  dengan anggotanya
                           Asosiasi/Menalar :
Peserta didik membuat sebuah perbuatan yang berkaitan dengan Penyelenggaraan Jenazahyang baik dan benar
60 Menit
3
Kegiatan akhir :
Guru mengadakan refleksi atas proses dan hasil pembelajaran yang sudah dilaksanakan
Guru mengajak peserta didik untuk menyimpulkan hasil pembelajaran yang sudah dikuti secara langsung
Guru mengadakan tes secara langsung dengan soal yang sudah disiapkan baik secara tertulis ataupun lisan
Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya
Guru memberikan pesan-pesan moral terkait dengan penanaman sikap KI 1 dan KI 2
Guru mengajak berdoa dengan Doa Akhir Majlis (Kafarotul Majlis) dilanjutkan dengan salam dan berjabat tangan dengan seluruh peserta didik
10 menit

Sumber belajar dan media pembelajaran
Media/ alat OHP/komputer,LCD.
Bahan  Slide
Film pendek / bahan tayang
Sumber referensi :Buku.Alquran,LKS

Penilaian

Bentuk dan Teknik Penilaian

Bentuk  Penilai
Teknik Penilai
Sikap
Pengamatan
Pengetahuan
Tes tertulis ( Uraian)
Keterampilan
Menyelesaiakan soal latihan

Penilaian Sikap
Observasi
Intrumen Penilaian ( Pengamatan Perilaku ……)
No
Indikator Yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1
Rasa ingin tahu
Pengamatan
Kegiatan inti
2
Tanggungjawab
Pengamatan
Kegiatan inti
3
Kerja Sama
Pengamatan
Kegiatan Inti





LembarObservasi: Rasa InginTahu
Indikator
Sering (4)
Kadang 2 (3)
Kurang (2)
Tidak Pernah (1)
-Aktif bertanya




-Aktif berdiskusi




-Aktif memberi tanggapan/jawaban






LembarObservasi: TanggungJawab

Indikator
Sering (4)
Kadang 2 (3)
Kurang (2)
Tidak Pernah (1)
-Menyelesaikan tugas dengan baik




-Masuk kelas tepat waktu





      Lembaran Observasi : Berkomunikasi
Indikator
Sering (4)
Kadang2 (3)
Kurang (2)
Tidak Pernah (1)
Aktif bertanya dan mengemukakan pendapat baik dalam kelompok maupun pribadi





Rubrik Penilaian Perilaku SIKAP
No
Aspek Yang Dinilai
Rubrik
1
Menujukan Rasa Ingin Tahu
Skor 4 = jika lebih dari 5 kali bertanya
Skor 3= jika lebih dari 3 kali bertanya
Skor 2= jika 1 kali bertanya
Skor 1 = jika tidak pernah bertanya.

2

Menunjukan tanggung jawab

Skor 4 = jika tidak pernah terlambat
Skor 3 = jika terlambat maksimal 2 kali
Skor 2 = jika terlambat lebih dari 2 kali
Skor 1 = jika terlambat lebih dari 5 kali
3
Santun
Skor 4 = aktif mengemukakan pendapat dalam
 -berdiskusi
- Menjawab pertayaan dengan benar
- Aktif Bertanya
Dengan santun dan baik
Skor 3 = apabila 2 aspek diatas dipenuhi
Skor 2 = apabila 1 aspek dipenuhi
Skor 1 = apabila tidak ada aspek yang terpenuhi

Nilai Sikap = Diambil dari Modus Sikap ( yang sering muncul)
TEST. Kognitif
No
Soal
Skor
KUNCI
1
2
3
4
5


20
20
20




100


NILAI : skor perolehan x 100
                    Skor max

Mengetahui :
Kepala Madrasah
 Bukittinggi,  Juli  2015.
Guru Bid Studi






Maisir Syamsi
NIP:






A z w a r m a n, SPdI
NIP: 197205062005011007

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PASAMBAHAN MAKAN BUKITTINGGI

PIdato Pendek " Man Jadda Wajada "

Doa harian muslim