kumpulan Soal FUF ( Fikih Ushul Fikih


UH Fikih Ushul Fikih  kls XI
Materi Jinayah/Pembunuhan ( KD 1.1  s/d  1.4)

Pilihlah jawaban yang paling benar!
1.      Jinayah, pembunuhan atau Jarimah dalam islam memiliki arti yang sama, yaitu perbuatan yang dilarang oleh syarak karena dapat menimbulkan kerusakan tatanan masyarakat. Kata jinayah dalam hukum positif Negara disebut ...
         a.  Delik atau pidana.        . b.  picik atau perdana           c.  Detik          d.  penama. 
2.        Adanya penerapan hukum bagi pembunuhan, adalah bertujuan untuk menjaga tujuan syariat  yaitu:
        a.  Hifzul Aqli.        b. hifzun nafsi        c. Hifzun nasli           d. Hifzul mali. 
3.      Quran Surat !7 ayat 33 menjelaskan tentang pembunuhan. Arti… إِلاَّ بِالحَقِّadalah  
         a.  pengecualian         b.  reka ulang             c.  proses pebenaran           d.  proses pengadilan
4.      Perhatikan ayat Surat Annisa 93 berikut di bawah ini!
وَمَن يَقْتُلْ مُؤْمِناً مُّتَعَمِّداً فَجَزَآؤُهُ جَهَنَّمُ خَالِداً
Kalimat yang bergaris bawah atau tebal memaknai pembagian pembunuhan…..
     a.  Sibhul amdi .           b. tersalah    .                 c. Qatlu Amdi.                       d.  Qatlu khata’
5.      Kalimat Qishas yang terdapat dalam quran surat albaqarah 179.   Hikmahnya dan tujuannya adalah…..
  a.  memberikan kehidupan      b.  membunuh        c.  balas dendam       d.  untuk keadilan
6.      Qisas anggota badan yang terdapat dalam surat almaidah ayat 45, contohnya adalah
        a.  dibunuh.          b.  bayar kifarat.       c.  Diyat         d.  mata dengan mata.
7.      1. Terpeliharanya hak manusia.   2.membayar diyat mugalazah.    3. Mencegah pertumpahan darah       4. Memberikan efek jera  5. Menghargai hokum .  Yang bukan merupakan hikmah dilarangnya pembunuhan terdapat pada……
        a.  3 dan 4.                   b.  4 dan 5                     c. 1 dan 3                    d.  2 dan 5
8.      Denda yang dibayarkan berupa uang / barang tersebab melukai atau membunuh disebut  ...
          a. Diyat.    .           b.  kafarat .                       c.  sanksi                       d.  hukum yang dimaafkan

وَمَن قَتَلَ مُؤْمِناً خَطَئاً فَتَحْرِيرُ رَقَبَةٍ
9.      Ayat diatas terdapat dalam surat Annisa’ ayat 92  yang berkaitan dengan pembunuhan ... 
         a.  menyerupai sengaja       b. Seperti disengaja                          c. sengaja           d.  tersalah.
10.  1. Yang dibunuh sudah balig   2. Yang membunuh sudah balig  3. Tidak ada niat   4. Ada bukti yang sah  5. Bukan bapak dari terbunuh 6. Yang dibunuh  bukan budak miliknya  . Yang tidak termasuk syarat-syarat  ditetapkan hokum qishas adalah…..
a.2 dan 5             b.  5 dan 6     c.  1 dan 3     .     d.  2 dan 4
B.  Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan Jelas!
1.      Tuliskan tiga macam pembunuhan
2.      Tulis 3 macam diyat beserta penjelasannya
3.      Tulis pengertian kafarat
4.      Tuliskan kafarat untuk selain pembunuhan
5.      Tuliskan hikmah dilaranganya pembunuhan.


 KUNCI JAWABAN PILIHAN GANDA
1. a        2. B         3. D         4. C        5. A       6. D     7. D      8. A       9. D        10. C
Skor: Pedoman penskoran : Pilihan ganda: Jumlah jawaban benar x 0,25 (maksimal 10 x  0,25  = 2,50)
2.. Uraian
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan Jelas!
1.      Tuliskan tiga macam pembunuhan
2.      Tulis 3 macam diyat beserta penjelasannya
3.      Tulis pengertian kafarat
4.      Tuliskan kafarat untuk selain pembunuhan
5.      Tuliskan hikmah dilaranganya pembunuhan.

KUNCI JAWABAN URAIAN
1.       Tiga macam pembunuhani sebagai berikut:
a.       ‘QATLU ‘AMDI ( SENGAJA)
b.      Sibhul Amdi  ( spt segaja)
c.       Qatlul khata’ ( tersalah
2.       3 macam diyat sebagai berikut:
1.       Mugalazha berat untuk pembunuhan segaja yang dimaafkan
2.       Mugalazhah berat untuk pemb,spt disengaja
3.       Mukhafafah untuk tersalah
3.       Pengertian kafarat adalah Denda yang dibayarkan karena melanggar larangan Allah
4.       Kafarat selain pembunuhan adalah
a.       Kafarat sumpah
b.      Kafarat illa’
5.      Hikmah dilaranganya pembunuhan.
a.       Menjamin kehidupan yang damai dan tentram
b.      Menegakkan keadilan ditengah masyarakat
c.       Menjauhkan sifat dendam keluarga terbunuh dan masyarakat
d.      Terjamin keselamatan jiwa dan ketentraman umat manusia
e.      Qisas merupakan  tindakan preventif ( pencegahan) terhadap pembunuhan


II . Uraian
            Rubrik Penilaian Skor :    (nilai maksimal= 40)
1.       a. Jika peserta didik dapat menuliskan syarat sahnya salat lengkap dan  sempurna, skor 3
               b. Jika peserta didik dapat menuliskan syarat sahnya salat  lengkap, skor 3
                c. Jika peserta didik dapat menuliskan syarat sahnya salat tidak lengkap, skor
2.       a. Peserta didik dapat menuliskan hal-hal yang membatalkan salat lengkap  dan benar, skor 4
               b. Jika peserta didik dapat menuliskan hal-hal yang membatalkan salat kurang  dari 3, skor 2
3.       a, Jika peserta didik dapat menuliskan dengan rukun-rukun salat lengkap dan  benar, skor 4
                b. Jika peserta didik dapat menuliskan rukun-rukun salat kurang dari 8, skor 3
                 c. Jika peserta didik dapat menuliskan kurang dari 4, skor 2
4.       a. Jika peserta didik dapat menuliskan dengan rukun-rukun salat lengkap dan  benar, skor 4
               b. Jika peserta didik dapat menuliskan rukun-rukun salat kurang dari 8, skor 3
                c. Jika peserta didik dapat menuliskan kurang dari 4, skor 2
5.       a.  Jika peserta didik dapat menuliskan pengertian sujud sahwi dengan penjelasan  yang lengkap dan benar, skor  4
                b. Jika peserta didik dapat menuliskan pengertian sujud sahwi tidak lengkap  skor 2
Jumlah Skor 20
Nilai = Jumlah nilai skor yang diperoleh x 100
Jumlah skor maksimal
Ctt untu pengawas: Bagikan soal sebanyak anak dan kumpulkan lagi soal setelah dihitung.
Periksa langsung soal objektif dengan diacak pada masing masing siswa.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PASAMBAHAN MAKAN BUKITTINGGI

PIdato Pendek " Man Jadda Wajada "

Peradaban Islam Periode Rasulullah di Madinah (622 – 632 M)