kumpulan Soal FUF ( Fikih Ushul Fikih
UH Fikih
Ushul Fikih kls XI
Materi Jinayah/Pembunuhan
( KD 1.1 s/d 1.4)
Pilihlah
jawaban yang paling benar!
1.
Jinayah, pembunuhan atau Jarimah dalam islam memiliki
arti yang sama, yaitu perbuatan yang dilarang oleh syarak karena dapat
menimbulkan kerusakan tatanan masyarakat. Kata jinayah dalam hukum positif
Negara disebut ...
a.
Delik atau pidana. .
b. picik atau perdana c.
Detik d. penama.
2.
Adanya penerapan hukum bagi pembunuhan, adalah
bertujuan untuk menjaga tujuan syariat
yaitu:
a.
Hifzul Aqli. b. hifzun
nafsi c. Hifzun nasli d. Hifzul mali.
3.
Quran Surat !7 ayat 33 menjelaskan tentang pembunuhan.
Arti… إِلاَّ بِالحَقِّadalah …
a.
pengecualian b. reka
ulang c. proses
pebenaran d. proses
pengadilan
4.
Perhatikan ayat Surat Annisa 93 berikut di bawah ini!
وَمَن يَقْتُلْ مُؤْمِناً مُّتَعَمِّداً
فَجَزَآؤُهُ جَهَنَّمُ خَالِداً
Kalimat yang bergaris bawah atau tebal memaknai pembagian pembunuhan…..
a. Sibhul
amdi . b. tersalah . c. Qatlu
Amdi. d.
Qatlu khata’
5.
Kalimat Qishas yang terdapat dalam quran surat
albaqarah 179. Hikmahnya dan tujuannya
adalah…..
a. memberikan kehidupan b.
membunuh c. balas dendam d.
untuk keadilan
6.
Qisas anggota badan yang terdapat
dalam surat almaidah ayat 45, contohnya adalah
a. dibunuh. b.
bayar kifarat. c. Diyat d. mata dengan mata.
7.
1. Terpeliharanya hak manusia. 2.membayar diyat mugalazah. 3. Mencegah pertumpahan darah 4. Memberikan efek jera 5. Menghargai hokum . Yang bukan merupakan hikmah dilarangnya
pembunuhan terdapat pada……
a.
3 dan 4. b. 4 dan 5 c. 1 dan 3 d.
2 dan 5
8.
Denda yang dibayarkan berupa uang / barang tersebab
melukai atau membunuh disebut ...
a. Diyat.
. b. kafarat . c. sanksi d. hukum yang dimaafkan
وَمَن قَتَلَ مُؤْمِناً خَطَئاً فَتَحْرِيرُ
رَقَبَةٍ
9.
Ayat diatas terdapat dalam surat Annisa’ ayat 92 yang berkaitan dengan pembunuhan ...
a.
menyerupai sengaja b. Seperti
disengaja c. sengaja d. tersalah.
10. 1. Yang dibunuh
sudah balig 2. Yang membunuh sudah
balig 3. Tidak ada niat 4. Ada bukti yang sah 5. Bukan bapak dari terbunuh 6. Yang
dibunuh bukan budak miliknya . Yang tidak termasuk syarat-syarat ditetapkan hokum qishas adalah…..
a.2 dan 5
b. 5 dan 6 c. 1
dan 3 . d. 2
dan 4
B.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan Jelas!
1. Tuliskan tiga
macam pembunuhan
2. Tulis 3 macam diyat
beserta penjelasannya
3. Tulis pengertian
kafarat
4. Tuliskan kafarat
untuk selain pembunuhan
5. Tuliskan hikmah
dilaranganya pembunuhan.
KUNCI JAWABAN PILIHAN
GANDA
1. a 2. B 3. D 4. C 5. A 6. D
7. D 8. A 9. D 10. C
Skor: Pedoman penskoran : Pilihan ganda: Jumlah jawaban
benar x 0,25 (maksimal 10 x 0,25 = 2,50)
2.. Uraian
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di
bawah ini dengan Jelas!
1. Tuliskan tiga
macam pembunuhan
2. Tulis 3 macam
diyat beserta penjelasannya
3. Tulis pengertian
kafarat
4. Tuliskan kafarat
untuk selain pembunuhan
5. Tuliskan hikmah
dilaranganya pembunuhan.
KUNCI
JAWABAN URAIAN
1.
Tiga macam pembunuhani sebagai
berikut:
a.
‘QATLU ‘AMDI ( SENGAJA)
b.
Sibhul Amdi ( spt segaja)
c.
Qatlul khata’ ( tersalah
2.
3 macam diyat sebagai
berikut:
1.
Mugalazha berat untuk
pembunuhan segaja yang dimaafkan
2.
Mugalazhah berat untuk
pemb,spt disengaja
3.
Mukhafafah untuk tersalah
3.
Pengertian kafarat adalah
Denda yang dibayarkan karena melanggar larangan Allah
4.
Kafarat selain pembunuhan
adalah
a.
Kafarat sumpah
b.
Kafarat illa’
5. Hikmah
dilaranganya pembunuhan.
a.
Menjamin kehidupan yang
damai dan tentram
b.
Menegakkan keadilan
ditengah masyarakat
c.
Menjauhkan sifat dendam
keluarga terbunuh dan masyarakat
d.
Terjamin keselamatan jiwa
dan ketentraman umat manusia
e.
Qisas merupakan tindakan preventif ( pencegahan) terhadap
pembunuhan
II . Uraian
Rubrik
Penilaian Skor : (nilai maksimal= 40)
1.
a. Jika peserta didik dapat
menuliskan syarat sahnya salat lengkap dan
sempurna, skor 3
b. Jika peserta didik dapat menuliskan
syarat sahnya salat lengkap, skor 3
c. Jika peserta didik dapat
menuliskan syarat sahnya salat tidak lengkap, skor
2.
a. Peserta didik dapat
menuliskan hal-hal yang membatalkan salat lengkap dan benar, skor 4
b. Jika peserta didik dapat
menuliskan hal-hal yang membatalkan salat kurang dari 3, skor 2
3.
a, Jika peserta didik dapat
menuliskan dengan rukun-rukun salat lengkap dan
benar, skor 4
b. Jika peserta didik dapat
menuliskan rukun-rukun salat kurang dari 8, skor 3
c. Jika peserta didik dapat
menuliskan kurang dari 4, skor 2
4.
a. Jika peserta didik dapat
menuliskan dengan rukun-rukun salat lengkap dan
benar, skor 4
b. Jika peserta didik dapat
menuliskan rukun-rukun salat kurang dari 8, skor 3
c. Jika peserta didik dapat
menuliskan kurang dari 4, skor 2
5.
a. Jika peserta didik dapat menuliskan
pengertian sujud sahwi dengan penjelasan
yang lengkap dan benar, skor 4
b. Jika peserta didik dapat
menuliskan pengertian sujud sahwi tidak lengkap
skor 2
Jumlah Skor 20
Nilai = Jumlah nilai skor yang diperoleh
x 100
Jumlah skor maksimal
Ctt untu pengawas: Bagikan soal sebanyak anak dan kumpulkan
lagi soal setelah dihitung.
Periksa langsung soal objektif dengan diacak pada masing
masing siswa.
Komentar
Posting Komentar