Silabus Fikih Kurtilas 2017



SILABUS PEMBELAJARAN


SATUAN PENDIDIKAN    : .........  Bukittinggi
MATA PELAJARAN          : FIKIH
KELAS/PEMINATAN        : VII (TUJUH)
SEMESTER                            : GANJIL

KOMPETENSI INTI :
KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

SILABUS KELAS VII/ GANJIL
Kompetensi Dasar

Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1    Meyakini pentingnya bersuci dari hadas dan najis

1.1.1.      Membiasakan pentingnya kesadaran bersuci dari hadas dan najis
Kesadaran pentingnya bersuci dari hadas dan najis
Membimbing pentingnya kesadaran bersuci dari hadas dan najis
1. Penilaian Diri
2. Penilaian Teman
3. Observasi
4. Jurnal
-
-
2.1      Membiasakan diri berperilaku bersih sebagai implementasi dari pemahaman tentang tata cara bersuci
2.1.1. Menunjukkan perilaku diri menjaga kebersihan dengan cara bersuci yang benar.
Pembiasaan pentingnya perilaku bersih dalam kegiatan tata cara bersuci.
membiasaan pentingnya perilaku bersih sebagai implementasi tentang tata cara bersuci.
1. Penilaian Diri
2. Penilaian Teman
3. Observasi
4. Jurnal
Guru memilih bentuk penilaian yang sesuai kompetensi yang ingin dicapai
-
-
3.1.  Memahami hadas dan najis dan tata cara menyucikanya


















4.1 Mendemonstrasikan tata cara bersuci dari hadas dan najis


3.1.1  Menyebutkan pengertian najis
3.1.2  Menunjukkan dalil tentang najis
3.1.3  Menjelaskan macam – macam najis
3.1.4  Membedakan macam – macam najis
3.1.5  Menyebutkan pengertian hadats
3.1.6  Menunjukkan dalil tentang hadats
3.1.7  Menjelaskan macam – macam hadats
3.1.8  Membedakan macam – macam hadats
4.1.1  Mendemostrasikan tatacara bersuci dari hadats
4.1.2  Mendemostrasikan tatacara bersuci dari  najis


Ketentuan tata cara bersuci dari hadas dan najis
















Parktek bersuci dari hadas dan najis
Mengamati
-          Mengamati gambar / video macam-macam najis, mandi, berwudhu, tayamum, dan istinjak.
-          Menyimak hasil pengamatan gambar / videonya
-          Membaca materi tentang pengertian dan tata cara bersuci
Menanya
-     Memotivasi  untuk mengajukan pertanyaan
-     Mengajukan pertanyaan terkait tentang bentuk najis dan hadats, serta tatacara bersuci
Eksperimen/explore
-     Menguatkan dengan menjelaskan hasil pengamatan dan pertanyaan peserta didik
-     Mencari data tentang macam-macam hadas dan najis, serta ketentuan tata cara bersuci
-     Mendiskusikan data/bahan yang diperoleh secara bergantian
Mengasosiakan
-       Menilai dan menganalisa hasil presentasi kelompok lain
-       Mengidentifikasi ketentuan tata cara bersuci dan perbedaan hadas dengan najis
-       Menganalis hikmah disyariatkannya bersuci dari hadas dan najis
-       Merumuskan hikmah dari kisah tentang adzab bagi yang tidak bersih ketika beristinjak
-       Memotivasi peserta didik agar senantiasa menjaga kebersihan setelah menyimak kisah tersebut
Mengkomunikasikan
-       Mendemonstrasikan tatacara bersuci dari hadats dan najis (wudhu, mandi, tayamum, dan tata cara istinja)
-       Melaksanakan tanya jawab
-       Menyimpulkan materi pelajaran tersebut dalam bentuk bagan tentang ketentuan bersuci
-       Merefleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
Tugas
·       Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel/ video yang sesuai materi ajar


Portofolio
·      Membuat paparan tentang materi ajar beserta contoh-contoh dilapangan

Tes
·      Tes tulis
Lisan
2 TM
(4 x 40 Menit)
·  Buku Pedoman Guru Mapel Fikih MTs, Kemenag RI, 2014

·  Buku Pegangan Siswa Mapel Fikih MTs, Kemenag RI, 2014

·  Al-Qur’an dan Terjamahanya

·  Buku penunjang lainnya  yang relevan

·  Media cetak dan elektronik sesuai materi

·  Lingkungan sekitar yang mendukung












1.2    Menghayati hikmah dari ketentuan salat lima waktu
1.2.1. Membiasakan pentingnya penghayatan atas hikmah dari ketentuan salat lima waktu
Penghayatan hikmah dari ketentuan salat lima waktu
Membimbing pentingnya penghayatan atas hikmah dari ketentuan salat lima waktu.
1. Penilaian Diri
2. Penilaian Teman
3. Observasi
4. Jurnal
-
-
2.2    Membiasakan diri berperilaku tertib dan disiplin sebagai implementasi dari pemahaman tentang salat lima waktu
2.2.1. Menunjukkan perilaku tertib dan disiplin sebagai implementasi dari pemahaman tentang salat lima waktu
Pembiasaan berperilaku tertib dan disiplin dalam salat lima waktu
Membiasakan berperilaku tertib dan disiplin sebagai implementasi dari pemahaman tentang salat lima waktu
1. Penilaian Diri
2. Penilaian Teman
3. Observasi
4. Jurnal
Guru memilih bentuk penilaian yang sesuai kompetensi yang ingin dicapai
-
-
3.2   Memahami ketentuan salat lima waktu















4.2. Mempraktikkan salat lima waktu



















3.2.1  mengidentifikasi pengertian salat lima waktu
3.2.2  menunjukkan dalil-dalil disyariatkannya syarat lima waktu
3.2.3  menyebutkan rukun salat
3.2.4  Menyebutkan syarat salat
3.2.5  menunjukkan sunah salat
3.2.6  menganalisis hal-hal yang membatalkan salat

4.2.1 mendemontrasikan salat lima waktu
























Ketentuan Shalat lima waktu














Praktek salat lima waktu
Mengamati
-          Mengamati gambar/video/orang yang melakukan gerakan salat
-          Menyimak hasil pengamatan nya
-          Membaca materi tentang salat lima waktu
Menanya
-     Memotivasi  untuk mengajukan pertanyaan.
-     Mengajukan pertanyaan terkait tentang salat lima waktu
Eksperimen/explore
-     Menguatkan dengan menjelaskan hasil pengamatan dan pertanyaan peserta didik
-     Mencari data dan informasi tentang ketentuan salat lima waktu
-     Mendiskusikan data/bahan yang diperoleh secara bergantian
Mengasosiakan
-       Menilai dan menganalisa hasil presentasi kelompok lain
-       Membuat bagan tentang ketentuan salat lima waktu
-       Mengemukakan pendapat tentang hikmah dari bacaan manfaat salat secara ilmiah
-       Memotivasi peserta didik agar senantiasa menjaga kewajiban salat lima waktu setelah menyimak kisah tersebut
Mengkomunikasikan
-       Memperagakan tata cara salat lima waktu
-       Melaksanakan tanya jawab
-       Memaparkan bagan tentang ketentuan salat lima waktu
-       Merefleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
Tugas
·       Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar

Portofolio
·      Membuat paparan tentang materi ajar beserta contoh-contoh dilapangan

Tes
·      Tes tulis
·      Lisan









2 TM
(4 x 40 Menit)
·  Buku Pedoman Guru Mapel Fikih MTs, Kemenag RI, 2014

·  Buku Pegangan Siswa Mapel Fikih MTs, Kemenag RI, 2014

·  Al-Qur’an dan Terjamahanya

·  Buku penunjang lainnya  yang relevan

·  Media cetak dan elektronik sesuai materi

·  Lingkungan sekitar yang mendukung












1.3      Menghayati hikmah dari ketentuan waktu salat lima waktu
1.3.1. Membiasakan pentingnya kesadaran hikmah dari ketentuan salat lima waktu
Penyadaran pentingnya kesadaran hikmah dari ketentuan salat lima waktu
Membimbing pentingnya penghayatan hikmah dari ketentuan salat lima waktu
1. Penilaian Diri
2. Penilaian Teman
3. Observasi
4. Jurnal
-
-
2.3      Membiasakan berperilaku disiplin dan tepat waktu sebagai implementasi dari pemahaman tentang waktu-waktu salat fardlu
2.3.1.Menunujukkan perilaku disiplin dan tepat waktu sebagai implementasi dari pemahaman tentang waktu-waktu salat fardlu
Pembiasaan perilaku disiplin dan tepat waktu dalam waktu-waktu salat fardlu
Membiasakan perilaku disiplin dan tepat waktu sebagai implementasi dari pemahaman tentang waktu-waktu salat fardlu.
1. Penilaian Diri
2. Penilaian Teman
3. Observasi
4. Jurnal
Guru memilih bentuk penilaian yang sesuai kompetensi yang ingin dicapai
-
-
3.3.  Memahami waktu-waktu salat lima waktu

4.3. Mempresentasikan cara menghindari dosa besar (mabuk-mabukan, mengkonsumsi narkoba, berjudi, zina, pergaulan bebas dan mencuri)

3.3.1   mengidentifikasi ketentuan waktu melaksanakan salat lima waktu
3.3.2   menunjukkan dalil-dalil waktu untuk salat lima waktu
3.3.3    menjelaskan waktu-waktu    yang  dilarang dalam salat

4.3.1  Memperesentasikan cara-cara menghindari dosa besar














Waktu – waktu  salat lima waktu
Mengamati
-          Mengamati gambar waktu-waktu salat lima waktu
-          Menyimak hasil pengamatan gambarnya
-          Membaca materi tentang waktu salat
Menanya
-     Memotivasi  untuk mengajukan pertanyaan.
-     Mengajukan pertanyaan terkait tentang waktu-waktu salat lima waktu
Eksperimen/explore
-     Menguatkan dengan menjelaskan hasil pengamatan dan pertanyaan peserta didik
-     Mencari data dan informasi tentang waktu salat lima waktu
-     Mendiskusikan data/bahan yang diperoleh secara bergantian
Mengasosiakan
-       Menilai dan menganalisa hasil kelompok lain
-       Membuat analisis tentang ketentuan waktu salat lima waktu
-       Merumuskan hikmah penentuan waktu-waktu salat lima waktu
-       Mengemukakan pendapat tentang hikmah dari kisah tentang sahabat atau ulama dengan ibadah salatnya
-       Memotivasi peserta didik agar melaksanakan salat tepat waktu setelah menyimak kisah tersebut
Mengkomunikasikan
-       Memaparkan bagan tentang waktu-waktu salat lima waktu
-       Mensimulasikan tatacara penentuan waktu salat lima waktu
-       Melaksanakan tanya jawab
-       Merefleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan

Tugas:
·  Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang waktu salat lima waktu
·  Diskusi kelompok membahas hasil pengamatan
·  Mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas

Portofolio,
· Penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang waktu salat lima waktu
· Membuat laporan pengamatan tentang hal-hal yang berkaitan dengan waktu salat lima waktu
1 TM
(2 x 40 Menit)
·  Buku Pedoman Guru Mapel Fikih MTs, Kemenag RI, 2014

·  Buku Pegangan Siswa Mapel Fikih MTs, Kemenag RI, 2014

·  Al-Qur’an dan Terjamahanya

·  Buku penunjang lainnya  yang relevan

·  Media cetak dan elektronik sesuai materi

·  Lingkungan sekitar yang mendukung











1.4         Menghayati makna azan dan ikamah
1.4.1. Merenungi makna azan dan ikamah
Perenungan makna azan dan ikamah
Pembiasaan penghayatan makna azan dan ikamah
1. Penilaian Diri
2. Penilaian Teman
3. Observasi
4. Jurnal
-
-
2.4      Membiasakan diri berperilaku peduli sebagai implementasi dari pemahaman tentang azan dan ikamah
2.4.1. Mengamalkan kebiasaan  berperilaku peduli sebagai implementasi dari pemahaman tentang azan dan ikamah
Pembiasaan perilaku peduli dalam azan dan ikamah
Pembiasaan berperilaku peduli sebagai implementasi dari pemahaman tentang azan dan ikamah
1. Penilaian Diri
2. Penilaian Teman
3. Observasi
4. Jurnal
Guru memilih bentuk penilaian yang sesuai kompetensi yang ingin dicapai
-
-
3.4.  Memahami ketentuan azan dan ikamah








4.4.  Mempraktikkan azan dan ikamah


3.4.1. Menyebutkan pengertian azan dan ikamah
3.4.2. Menunjukkan hukum azan dan ikamah
3.4.3  Menjelaskan ketentuan azan dan ikamah

4.4.1 Mendemontrasikan tata cara azan ikamah



Ketentuan adzan dan ikamah







Praktek adzan dan ikamah
Mengamati
-          Mengamati gambar orang azan dengan adabnya
-          Menyimak hasil pengamatan gambarnya
-          Membaca materi tentang pengertian azan ikamah
Menanya
-     Memotivasi  untuk mengajukan pertanyaan.
-     Mengajukan pertanyaan terkait tentang azan ikamah
Eksperimen/explore
-     Menguatkan dengan menjelaskan hasil pengamatan dan pertanyaan peserta didik
-     Mencari data dan informasi tentang azan ikamah
-     Mendiskusikan data/bahan yang diperoleh secara bergantian
Mengasosiakan
-       Menilai dan menganalisa hasil kelompok lain
-       Membuat analisis adab muadzin
-       Merumuskan syarat-syarat muadzin
-       Menyimpulkan hikmah dari kisah dahsyatnya Azan
-       Memotivasi peserta didik agar terbiasa bersegerah melaksanakan salat ketika adzan masuk setelah menyimak kisah tersebut
Mengkomunikasikan
-       Mendemonstrasikan tatacara azan  ikamah
-       Melaksanakan tanya jawab
-       Memaparkan intisari dari pelajaran tersebut dalam bentuk bagan tentang ketentuan azan ikamah
-       Merefleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
Tugas:
·  Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang ketentuan azan dan ikamah.
·  Diskusi kelompok membahas hasil penggalian informasi
·  Mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas

Portofolio,
· Penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang ketentuan azan dan ikamah..
· Membuat laporan pengamatan tentang hal-hal yang berkaitan dengan ketentuan azan dan ikamah.
1 TM
(2 x 40 Menit)
·  Buku Pedoman Guru Mapel Fikih MTs, Kemenag RI, 2014

·  Buku Pegangan Siswa Mapel Fikih MTs, Kemenag RI, 2014

·  Al-Qur’an dan Terjamahanya

·  Buku penunjang lainnya  yang relevan

·  Media cetak dan elektronik sesuai materi

·  Lingkungan sekitar yang mendukung




1.5    Meyakini hikmah salat berjamaah
1.5.1. Merenungi pentingnya hikmah salat berjamaah
Penyadaran pentingnya hikmah salat berjamaah
Membimbing kesadaran pentingnya hikmah salat berjamaah
1. Penilaian Diri
2. Penilaian Teman
3. Observasi
4. Jurnal
-
-
2.5      Membiasakan sikap kebersamaan dan kekeluargaan sebagai implementasi dari pemahaman tentang salat berjamaah
2.5.1. Menunjukkan kebersamaan dan kekeluargaan sebagai implementasi dari pemahaman tentang salat berjamaah
Pembiasaan pentingnya sikap kebersamaan dan kekeluargaan dalam salat berjamaah
Membimbing kebiasaan sikap kebersamaan dan kekeluargaan sebagai implementasi dari pemahaman tentang salat berjamaah
1. Penilaian Diri
2. Penilaian Teman
3. Observasi
4. Jurnal
Guru memilih bentuk penilaian yang sesuai kompetensi yang ingin dicapai
-
-
3.5. Menganalisis ketentuan salat berjamaah

















4.5. Mendemonstrasikan tata cara salat berjamaah




























3.5.1 Menyebutkan pengertian salat berjamaah
3.5.2 Menunjukkan dalil salat berjamaah
3.5.3  Menunjukkan manfaat salat berjamaah
3.5.4  Menjelaskan syarat-syarat menjadi imam
3.5.5   Menjelaskan tata cara membuat saf
3.5.6  Menjelaskan ketentuan makmum masbuk
3.5.7  Menjelaskan ketentuan imam yang lupa
4.5.1 Mempraktekkan tata cara salat berjamaah

Ketentuan salat berjamaah

Mengamati
-          Mengamati gambar shaf salat berjama’ah dan orang yang masbuk
-          Menyimak hasil pengamatan gambarnya
-          Membaca materi tentang pengertian dan ketentuan salat berjamaah
Menanya
-     Memotivasi  untuk mengajukan pertanyaan.
-     Mengajukan pertanyaan terkait tentang salat berjamaah 
Eksperimen/explore
-     Menguatkan dengan menjelaskan hasil pengamatan dan pertanyaan peserta didik
-     Mencari data dan informasi tentang ketentuan salat berjamaah
-     Mendiskusikan data/bahan yang diperoleh secara bergantian
Mengasosiakan
-       Menilai dan menganalisa hasil kelompok lain
-       Membuat analisis ketentuan salat berjamaah
-       Merumuskan manfaat salat berjamaah dan udzur meninggalkannya
-       Menyimpulkan hikmah dari kisah terkait tentang hikmah berjamaah
-       Memotivasi peserta didik agar rajin salat berjamaah setelah menyimak kisah tersebut
Mengkomunikasikan
-       Mendemonstrasikan tatacara salat berjamaah
-       Melaksanakan tanya jawab
-       Memaparkan intisari dari pelajaran tersebut dalam bentuk bagan tentang ketentuan salat berjamaah
-       Merefleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan

Tugas
·       Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar

Portofolio
·      Membuat paparan tentang materi ajar beserta contoh-contoh dilapangan

Tes
·      Tes tulis
·      Lisan
2 TM
(4 x 40 Menit)
·  Buku Pedoman Guru Mapel Fikih MTs, Kemenag RI, 2014

·  Buku Pegangan Siswa Mapel Fikih MTs, Kemenag RI, 2014

·  Al-Qur’an dan Terjamahanya

·  Buku penunjang lainnya  yang relevan

·  Media cetak dan elektronik sesuai materi

·  Lingkungan sekitar yang mendukung




1.6    Meyakini pentingnya sujud sahwi
1.6.1. Membiasakan kesadaran pentingnya sujud sahwi
Penyadaran akan pentingnya sujud sahwi
Membimbing kesadaran pentingnya sujud sahwi
1. Penilaian Diri
2. Penilaian Teman
3. Observasi
4. Jurnal

-
2.6 Membiasakan diri berperilaku taat dan tanggungjawab sebagai implementasi dari pemahaman tentang ketentuan sujud sahwi
2.6.1. Membiasakan diri berperilaku taat dan tanggungjawab sebagai implementasi dari pemahaman tentang ketentuan sujud sahwi
Pmbiasaan Perilaku taat dan tanggung jawab dalam sujud sahwi
Membimbing kebiasaan sikap taat dan tanggung jawab sebagai implementasi dari pemahaman tentang ketentuan sujud sahwi
1. Penilaian Diri
2. Penilaian Teman
3. Observasi
4. Jurnal
Guru memilih bentuk penilaian yang sesuai kompetensi yang ingin dicapai

-
3.6. Memahami ketentuan sujud sahwi








4.6. Memperagakan sujud sahwi
3.6.1. mengidentifikasi pengertian sujud sahwi
3.6.2 menjelaskan sebab-sebab sujud sahwi
3.6.3 menunjukkan tata cara sujud sahwi

4.6.1  memperagakan  sujud sahwi
Ketentuan sujud sahwi
Mengamati
-          Mengamati gambar orang sujud sahwi
-          Menyimak hasil pengamatan gambarnya
-          Membaca materi tentang sujud sahwi
Menanya
-     Memotivasi  untuk mengajukan pertanyaan.
-     Mengajukan pertanyaan terkait tentang sujud sahwi
Eksperimen/explore
-     Menguatkan dengan menjelaskan hasil pengamatan dan pertanyaan peserta didik
-     Mencari data dan informasi tentang ketentuan sujud sahwi
-     Mendiskusikan data/bahan yang diperoleh secara bergantian
Mengasosiakan
-       Menilai dan menganalisa hasil kelompok lain
-       Membuat analisis tentang ketentuan sujud sahwi
-       Merumuskan hikmah disyariatkannya sujud sahwi
Mengkomunikasikan
-       Memaparkan bagan tentang ketentuan sujud sahwi
-       Mensimulasikan tatacara sujud sahwi.
-       Melaksanakan tanya jawab
-       Merefleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Tugas
·       Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar

Portofolio
·      Membuat paparan tentang materi ajar beserta contoh-contoh dilapangan

Tes
·      Tes tulis
·      Lisan
2 TM
(4 x 40 Menit)
·  Buku Pedoman Guru Mapel Fikih MTs, Kemenag RI, 2014

·  Buku Pegangan Siswa Mapel Fikih MTs, Kemenag RI, 2014

·  Al-Qur’an dan Terjamahanya

·  Buku penunjang lainnya  yang relevan

·  Media cetak dan elektronik sesuai materi

·  Lingkungan sekitar yang mendukung
1.7    Meyakini manfaat zikir dan doa
1.7.1. Membiasakan pentingnya kesadaran manfaat zikir dan doa
Penyadaran akan pentingnya manfaat zikir dan doa
Membimbing pentingnya kesadaran manfaat zikir dan doa
1. Penilaian Diri
2. Penilaian Teman
3. Observasi
4. Jurnal
-
-
2.7 Membiasakan diri berperilaku santun dan percaya diri sebagai implementasi dari pemahaman tentang zikir dan doa setelah salat
2.7.1. Membiasakan  pentingnya kesadaran berperilaku santun dan percaya diri sebagai implementasi dari pemahaman tentang zikir dan doa setelah salat
Pembiasaan perilaku santun dan percaya diri dalam zikir dan doa setelah salat
Pembiasaan berperilaku santun dan percaya diri sebagai implementasi dari pemahaman tentang zikir dan doa setelah salat
1. Penilaian Diri
2. Penilaian Teman
3. Observasi
4. Jurnal
Guru memilih bentuk penilaian yang sesuai kompetensi yang ingin dicapai

-
3.7 Memahami tatacara berzikir dan berdoa setelah salat












4.7 Mendemonstrasikan zikir dan berdoa setelah salat
3.7.1. Menyebutkan  pengertian zikir
3.7.2  Menunjukkan dalil tentang zikir
3.7.3  Menyebutkan pengertian doa
3.7.4  Menunjukkan dalil tentang doa
3.7.5  Menjelaskan manfaat zikir dan doa
3.7.6  Menjelaskan tata cara zikir dan doa

4.7.1 memperagakan  sujud sahwi
Tata cara zikir dan doa












Praktek  sujud sahwi




























Mengamati
-          Mengamati gambar adab berzikir dan berdoa, serta tulisan doa dan zikir sesudah salat
-          Menyimak hasil pengamatan gambarnya
-          Membaca materi tentang pengertian doa dan zikir, manfaat dan adab berdoa dan berzikir sesudah salat
Menanya
-     Memotivasi  untuk mengajukan pertanyaan.
-     Mengajukan pertanyaan terkait tentang doa dan zikir sesudah salat
Eksperimen/explore
-     Menguatkan dengan menjelaskan hasil pengamatan dan pertanyaan peserta didik
-     Mencari data dan informasi tentang zikir dan doa sesudah salat
-     Mendiskusikan data/bahan yang diperoleh secara bergantian
Mengasosiakan
-       Menilai dan menganalisa hasil kelompok lain
-       Membuat analisis tata cara berzikir dan berdoa
-       Merumuskan manfaat berzikir dan berdoa
-       Merumuskan hikmah dari kisah Unta Menjadi Saksi Bagi Orang Yang Difitnah
-       Memotivasi peserta didik agar terbiasa berdoa dan berzikir sesudah salat setelah menyimak kisah tersebut
Mengkomunikasikan
-       Memaparkan bagan tentang ketentuan berzikir dan berdoa sesudah salat
-       Mendemonstrasikan tatacara berzikir dan berdoa sesudah salat
-       Melaksanakan tanya jawab
-       Merefleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
Tugas
·       Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar

Portofolio
·      Membuat paparan tentang materi ajar beserta contoh-contoh dilapangan


Tes
·      Tes tulis
·      Lisan
2 TM
(4 x 40 Menit)
·  Buku Pedoman Guru Mapel Fikih MTs, Kemenag RI, 2014

·  Buku Pegangan Siswa Mapel Fikih MTs, Kemenag RI, 2014

·  Al-Qur’an dan Terjamahanya

·  Buku penunjang lainnya  yang relevan

·  Media cetak dan elektronik sesuai materi

Lingkungan sekitar yang mendukung

 

 

 

Mengetahui:

Kepala Sekolah MTsN 1 Bukittinggi

Bukittinggi,  Juli 2016

Guru  Mata Pelajaran

 

 

 

 


 

Drs. IRSYAD, M.Pd

Nip : 196310271993031003

 

 


 

 

 

AZWARMAN, SPdI

NIP: 1972050620050110078

SILABUS MATA PELAJARAN: FIKIH
MTs N 1 Bukittinngi Tahun  2016/2017
Mata Pelajaran                   : Fikih
Satuan Pendidikan            : Madrasah Tsanawiyah                                        
Kelas/Smt                             : VII(Tujuh)/ Genap

Kompetensi Inti:                      :
1.     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.     Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.     Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.     Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1            Meyakini kewajiban melaksanakan salat  Jum’at
1.2            Menerima ketentuan salat Jamak dan Qasar
1.3            Meyakini kewajiban salat dalam berbagai keadaan
1.4            Menghayati hikmah dari salat  sunah

1.        Observasi kegiatan
2.         Penilaian diri sendiri
3.        Penilaian antar teman
4.        Catatan-Jurnal Guru
2.1        Membiasakan  melaksanakan  salat  Jum’at
2.2        Membiaskana  salat Jamak dan Qasar
2.3            Terbiasa  melaksanakan salat  wajib dalam berbagai kedaan
2.4            Terbiasa  melakukan salat sunah


1.        Observasi kegiatan
2.         Penilaian diri sendiri
3.        Penilaian antar teman
4.        Catatan-Jurnal Guru
3.1. Memahami ketentuan salat Jum’at
4.1. Mempraktikkan salat  Jum’at
3.1.1  Menyebutkan pengertian salat Jum’at
3.1.2  Menunjukkan dasar hukum salat Jum’at
3.1.3  Menjelaskan perbuatan sunah yang terkait dengan salat Jum’at
3.1.4  Menjelaskan syarat mendirikan salat Jum’at.
3.1.5  Menjelaskan adab ketika khutbah sedang berlangsung
3.1.6  Menjelaskan  rukun khutbah Jum’at
3.1.7  Menjelaskan syarat khutbah Jum’at
4.1.1  Memperagakan khutbah Jum’at
4.1.2  Mendemonstrasi kan tata cara salat Jum’at

1.     Pengertian salat Jum’at


2.     Dasar hukum salat Jum’at

3.     Sunah pelaksanaan salat Jum’at



4.     Syarat salat Jum’at

5.     Khutbah salat Jum’at








6.     Tata cara khutbah dan salat Jum’at
Mengamati
-          Mengamati gambar pelaksanaan salat Jum’at dan khatib berkhutbah
-          Menyimak hasil pengamatan gambarnya
-          Membaca materi tentang pengertian dan tatacara salat dan khutbah Jum’at
Menanya
-      Memotivasi  untuk mengajukan pertanyaan
-      Mengajukan pertanyaan terkait tentang salat dan khutbah Jum’at
Eksperimen/explore
-      Menguatkan dengan menjelaskan hasil pengamatan dan pertanyaan peserta didik
-      Mencari data dan informasi tentang ketentuan salat Jum’at
-      Mendiskusikan data/bahan yang diperoleh secara bergantian
Mengasosiakan
-        Menilai dan menganalisa hasil kelompok lain
-        Menbuat analisis ketentuan salat Jum’at
-        Merumuskan hikmah disyariatkannya salat Jum’at
-        Merumuskan hikmah dari kisah “Khutbah Abu Nawas”
-        Memotivasi peserta didik agar senantiasa melaksanakan salat Jum’at dengan benar setelah menyimak kisah tersebut
Mengkomunikasikan
-        Mendemonstrasikan tatacara salat dan khutbah Jum’at
-        Melaksanakan tanya jawab
-        Menyimpulkan intisari dari pelajaran tersebut dalam bentuk bagan tentang ketentuan salat dan khutbah Jum’at
-        Merefleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Tugas
·        Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar

Observasi
·        Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§  Kejelasan dan kedalaman informasi yg diperoleh
§  Keaktifan dalam diskusi
§  Kejelasan dan kerapian presentasi/resume

Portofolio
·       Membuat paparan tentang materi ajar beserta contoh-contoh dilapangan

Tes
·       Tes tulis
·       Lisan

4 TM
(8 x 40)




·   Buku pedoman guru FIKIH Kelas VII MTs.
·   Buku pegangan siswa FIKIH Kelas VII MTs paket siswa
·   Buku rujukan yang sesuai dengan materi ajar
·   Gambar  peta konsep sesuai materi 
·   Alat peraga, bahan, alat yang relevan untuk memperjelas penyampaian materi ajaar
·   Akses internet dan multimedia sesuai materi  pembelajaran
·   Lembar observasi dan Lembar penilaian


3.2  Memahami ketentuan salat Jamak dan Qasar
4.2. Mempraktekan salat Jamak dan Qasar
3.2.1   Menjelaskan pengertian salat jamak
3.2.2   Menyebutkan macam-macam salat jamak
3.2.3   Mengidentifikasi syarat salat jamak           
3.2.4   Menjelaskan tata cara salat jamak
3.2.5   Menjelaskan pengertian salat qasar
3.2.6   Mengidentifikasi syarat-syarat salat qasar
3.2.7  Membedakan salat jamak dengan salat qasar
4.2.1  Mendemonstrasi kan tata cara salat jamak
4.2.2  Mendemonstrasi kan tata cara salat qasar

1.     Pengertian salat jamak

2.     Macam-macam dan syarat salat jamak

3.     Tata cara salat jamak
4.     Pengertian salat qasar

5.     Syarat-syarat salat qasar

6.     Perbedaan salat jamak dengan salat qasar
7.     Praktek salat jamak dan salat qasar
Mengamati
-          Mengamati gambar musafir salat jamak dan salat qasar
-          Menyimak hasil pengamatan gambarnya
-          Membaca materi tentang pengertian dan tatacara salat jamak dan qasar

Menanya
-      Memotivasi  untuk mengajukan pertanyaan
-      Mengajukan pertanyaan terkait tentang salat jamak dan qasar
Eksperimen/explore
-      Menguatkan dengan menjelaskan hasil pengamatan dan pertanyaan peserta didik
-      Mencari data dan informasi tentang salat jamak dan salat qasar
-      Mendiskusikan data/bahan yang diperoleh secara bergantian
Mengasosiakan
-        Menilai dan menganalisa hasil kelompok lain
-        Membuat bagan tentang ketentuan salat jamak dan salat qasar
-        Merumuskan manfaat salat jamak dan salat qasar
-        Menyimpulkan hikmah dari kisah yang terkait dengan salat jamak dan qasar
-        Memotivasi peserta didik agar menghayati akan pentingnya salat setelah menyimak kisah tersebut
Mengkomunikasikan
-        Mendemonstrasikan tatacara salat jamak dan qasar
-        Melaksanakan tanya jawab
-        Menyimpulkan intisari dari pelajaran tersebut dalam bentuk bagan tentang ketentuan salat jamak dan qasar
-        Merefleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.

Tugas
·        Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar

Observasi
·        Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§  Kejelasan dan kedalaman informasi yg diperoleh
§  Keaktifan dalam diskusi
§  Kejelasan dan kerapian presentasi/resume

Portofolio
·       Membuat paparan tentang materi ajar beserta contoh-contoh dilapangan

Tes
·       Tes tulis
·       Lisan


3 TM
(6 x 40)





·   Buku pedoman guru FIKIH Kelas VII MTs.
·   Buku pegangan siswa FIKIH Kelas VII MTs paket siswa
·   Buku rujukan yang sesuai dengan materi ajar
·   Gambar  peta konsep sesuai materi 
·   Alat peraga, bahan, alat yang relevan untuk memperjelas penyampaian materi ajaar
·   Akses internet dan multimedia sesuai materi  pembelajaran
·   Lembar observasi dan Lembar penilaian


3.3  Memahami kaifiat salat  dalam berbagai keadaan
4.3. Memperagakan salat  dalam keadaan sakit
3.3.1  Menjelaskan ketentuan salat dalam keadaan darurat
3.3.2  Menjelaskan tata cara salat dalam keadaan sakit
3.3.3  Menjelaskan tata cara salat dalam kendaraan
4.3.1  Mendemonstrasi kan cara salat  dalam keadaan sakit
4.3.2  Mendemonstrasi kan cara salat diatas kendaraan
1.     Salat dalam keadaan darurat

2.     Tata cara salat dalam keadaan sakit dan salat dalam kendaraan

3.     Praktek salat  dalam keadaan sakit  dan salat diatas kendaraan
Mengamati
-          Mengamati gambar orang sakit salat dalam keadaan berbaring, duduk, dalam kendaraan
-          Menyimak hasil pengamatan gambarnya
-          Membaca materi tentang pengertian dan tatacara salat dalam keadaan darurat
Menanya
-      Memotivasi  untuk mengajukan pertanyaan
-      Mengajukan pertanyaan terkait tentang salat dalam keadaan darurat
Eksperimen/explore
-      Menguatkan dengan menjelaskan hasil pengamatan dan pertanyaan peserta didik
-      Mencari data dan informasi tentang ketentuan salat dalam keadaan sakit dan dalam kendaraan
-      Mendiskusikan data/bahan yang diperoleh secara bergantian
Mengasosiakan
-        Menilai dan menganalisa presentasi hasil kelompok lain
-        Membuat analisis tentang tata cara salat dalam keadaan darurat
-        Merumuskan hikmah dari kisah yang terkait dengan salat dalam keadaan darurat
-        Memotivasi peserta didik senantiasa menjaga pelaksanaan salat lima waktu setelah menyimak kisah tersebut
Mengkomunikasikan
-        Mendemonstrasikan salat dalam keadaan darurat (keadaaan sakit dan di atas kendaraan)
-        Melaksanakan tanya jawab
-        Memaparkan intisari dari pelajaran tersebut dalam bentuk bagan tentang ketentuan salat dalam keadaan darurat
-        Merefleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Tugas
·        Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar

Observasi
·        Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§  Kejelasan dan kedalaman informasi yg diperoleh
§  Keaktifan dalam diskusi
§  Kejelasan dan kerapian presentasi/resume

Portofolio
·       Membuat paparan tentang materi ajar beserta contoh-contoh dilapangan

Tes
·       Tes tulis
·       Lisan


3 TM
(6 x 40)





·   Buku pedoman guru FIKIH Kelas VII MTs.
·   Buku pegangan siswa FIKIH Kelas VII MTs paket siswa
·   Buku rujukan yang sesuai dengan materi ajar
·   Gambar  peta konsep sesuai materi 
·   Alat peraga, bahan, alat yang relevan untuk memperjelas penyampaian materi ajaar
·   Akses internet dan multimedia sesuai materi  pembelajaran
·   Lembar observasi dan Lembar penilaian


3.4  Memahami salat  sunah muakkad dan  salat  sunah gairu muakkad
4.4. Memsimulasikan salat  sunah muakkad dan salat  sunah gairu muakkad
3.4.1  Menjelaskan pengertian salat sunah muakkad
3.4.2  Menunjukkan dasar hukum salat sunah
3.4.3  Menjelaskan hikmah disyariatkannya salat sunah
3.4.4  Menjelaskan jenis salat muakkad sunah
3.4.5  Menjelaskan jenis salat sunah ghairu muakkad
4.4.1  Mempraktikkan tata cara salat sunah muakkad

1.     Pengertian salat sunah

2.     Dalil dan hikmah salat sunah





3.     Macam-macam salat sunah 



4.     Tata cara salat sunnah

Mengamati
-          Mengamati gambar orang salat dhuha, salat tarawih dan salat rawatib
-          Menyimak hasil pengamatan gambarnya
-          Membaca materi tentang pengertian dan tatacara salat sunah muakkad dan salat sunah ghairu muakkad
Menanya
-      Memotivasi  untuk mengajukan pertanyaan
-      Mengajukan pertanyaan terkait tentang salat sunah muakkad dan salat sunah ghairu muakkad
Eksperimen/explore
-      Menguatkan dengan menjelaskan hasil pengamatan dan pertanyaan peserta didik
-      Mencari data dan informasi tentang salat sunah muakad dan sunah ghairu muakkad
-      Mendiskusikan data/bahan yang diperoleh secara bergantian
Mengasosiakan
-        Menilai dan menganalisa hasil kelompok lain
-        Membuat analisis tentang macam-macam salat sunah muakkad dan ghairu muakkad
-        Menyimpulkan perbedaan antara salat sunah muakkad dengan ghairu muakkad
-        Merumuskan hikmah disyariatkannya salat Dhuha dari kisah Salat Sunah Dhuha Mempermudah Datangnya Rezeki
-        Memotivasi peserta didik agar konsisten melaksanakan salat sunah setelah menyimak kisah tersebut
Mengkomunikasikan
-        Menyajikan paparan bagan tentang ketentuan salat sunah muakkad dan salat sunah ghairu muakkad
-        Mendemonstrasikan salat sunah muakkad dan salat sunah ghairu muakkad
-        Melaksanakan tanya jawab
-        Merefleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Tugas
·        Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar

Observasi
·        Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§  Kejelasan dan kedalaman informasi yg diperoleh
§  Keaktifan dalam diskusi
§  Kejelasan dan kerapian presentasi/resume

Portofolio
·       Membuat paparan tentang materi ajar beserta contoh-contoh dilapangan

Tes
·       Tes tulis
·       Lisan


3 TM
(6 x 40)


·   Buku pedoman guru FIKIH Kelas VII MTs.
·   Buku pegangan siswa FIKIH Kelas VII MTs paket siswa
·   Buku rujukan yang sesuai dengan materi ajar
·   Gambar  peta konsep sesuai materi 
·   Alat peraga, bahan, alat yang relevan untuk memperjelas penyampaian materi ajaar
·   Akses internet dan multimedia sesuai materi  pembelajaran
·   Lembar observasi dan Lembar penilaian




                                                                                                                                                                                                               



Mengetahui,                                                                                                                                                                                                             Bukittinggi,  Juni 2016
Kepala MTsN 1 Bukittinggi,                                                                                                                                                                                     Guru Mata Pelajaran,



SULAINI,S.Pd.                                                                                                                                                                                     Azwarman,S.Pd.I
NIP. 196908051994032002                                                                                                                                                                   NIP. 197205062005011007









 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PASAMBAHAN MAKAN BUKITTINGGI

PIdato Pendek " Man Jadda Wajada "

Doa harian muslim