Silabus Fikih Kurtilas 2017
SILABUS PEMBELAJARAN
SATUAN
PENDIDIKAN : ......... Bukittinggi
MATA PELAJARAN : FIKIH
KELAS/PEMINATAN : VII (TUJUH)
SEMESTER :
GANJIL
KOMPETENSI INTI :
KI
1
|
:
|
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
KI
2
|
:
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri,
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
KI
3
|
:
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
|
KI
4
|
:
|
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
SILABUS KELAS VII/ GANJIL
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Meyakini pentingnya bersuci
dari hadas dan najis
|
1.1.1. Membiasakan pentingnya
kesadaran bersuci dari hadas dan najis
|
Kesadaran pentingnya
bersuci dari hadas dan najis
|
Membimbing pentingnya kesadaran bersuci dari hadas dan
najis
|
1. Penilaian Diri
2. Penilaian Teman
3. Observasi
4. Jurnal
|
-
|
-
|
2.1
Membiasakan
diri berperilaku bersih sebagai implementasi dari pemahaman tentang tata cara
bersuci
|
2.1.1. Menunjukkan perilaku diri
menjaga kebersihan dengan cara bersuci yang benar.
|
Pembiasaan pentingnya perilaku bersih dalam
kegiatan tata cara bersuci.
|
membiasaan pentingnya
perilaku bersih sebagai implementasi tentang tata cara
bersuci.
|
1. Penilaian
Diri
2. Penilaian Teman
3. Observasi
4. Jurnal
Guru memilih bentuk penilaian yang sesuai
kompetensi yang ingin dicapai
|
-
|
-
|
3.1. Memahami hadas dan najis dan tata cara
menyucikanya
4.1 Mendemonstrasikan tata cara bersuci dari hadas dan
najis
|
3.1.1 Menyebutkan pengertian najis
3.1.2 Menunjukkan dalil tentang najis
3.1.3 Menjelaskan macam – macam najis
3.1.4 Membedakan macam – macam najis
3.1.5 Menyebutkan pengertian hadats
3.1.6 Menunjukkan dalil tentang hadats
3.1.7 Menjelaskan macam – macam hadats
3.1.8 Membedakan macam – macam hadats
4.1.1 Mendemostrasikan tatacara bersuci dari hadats
4.1.2 Mendemostrasikan
tatacara bersuci dari najis
|
Ketentuan tata cara
bersuci dari hadas dan najis
Parktek bersuci dari hadas
dan najis
|
Mengamati
-
Mengamati
gambar / video macam-macam najis, mandi, berwudhu, tayamum, dan istinjak.
-
Menyimak hasil pengamatan gambar / videonya
-
Membaca materi tentang pengertian dan tata cara bersuci
Menanya
-
Memotivasi
untuk mengajukan pertanyaan
-
Mengajukan pertanyaan terkait tentang bentuk najis dan hadats, serta tatacara
bersuci
Eksperimen/explore
- Menguatkan
dengan menjelaskan hasil pengamatan dan pertanyaan peserta didik
- Mencari
data tentang macam-macam hadas dan najis, serta ketentuan tata cara bersuci
- Mendiskusikan
data/bahan yang diperoleh secara bergantian
Mengasosiakan
- Menilai dan menganalisa hasil presentasi
kelompok lain
-
Mengidentifikasi
ketentuan tata cara bersuci dan perbedaan hadas dengan najis
-
Menganalis
hikmah disyariatkannya bersuci dari hadas dan najis
-
Merumuskan
hikmah dari kisah tentang adzab bagi yang tidak bersih ketika beristinjak
-
Memotivasi
peserta didik agar senantiasa menjaga kebersihan setelah menyimak kisah
tersebut
Mengkomunikasikan
-
Mendemonstrasikan
tatacara bersuci dari hadats dan najis (wudhu, mandi, tayamum, dan tata cara
istinja)
-
Melaksanakan
tanya jawab
-
Menyimpulkan materi
pelajaran tersebut dalam bentuk bagan tentang ketentuan
bersuci
-
Merefleksi
terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
|
Tugas
·
Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel/
video yang sesuai materi
ajar
Portofolio
· Membuat paparan tentang materi ajar beserta
contoh-contoh dilapangan
Tes
· Tes
tulis
Lisan
|
2 TM
(4 x 40 Menit)
|
· Buku Pedoman Guru Mapel Fikih MTs, Kemenag
RI, 2014
· Buku Pegangan Siswa Mapel Fikih MTs, Kemenag
RI, 2014
· Al-Qur’an dan Terjamahanya
· Buku penunjang lainnya yang relevan
· Media cetak dan elektronik
sesuai materi
· Lingkungan sekitar yang mendukung
|
1.2
Menghayati hikmah dari
ketentuan salat lima waktu
|
1.2.1.
Membiasakan pentingnya penghayatan atas hikmah dari
ketentuan salat lima waktu
|
Penghayatan
hikmah dari ketentuan salat lima waktu
|
Membimbing pentingnya penghayatan atas hikmah dari
ketentuan salat lima waktu.
|
1. Penilaian Diri
2. Penilaian Teman
3. Observasi
4. Jurnal
|
-
|
-
|
2.2 Membiasakan
diri berperilaku tertib dan disiplin sebagai implementasi dari pemahaman
tentang salat lima waktu
|
2.2.1.
Menunjukkan perilaku tertib dan disiplin sebagai implementasi dari pemahaman
tentang salat lima waktu
|
Pembiasaan
berperilaku tertib dan disiplin dalam salat lima waktu
|
Membiasakan berperilaku tertib dan disiplin
sebagai implementasi dari pemahaman tentang salat lima waktu
|
1. Penilaian
Diri
2. Penilaian Teman
3. Observasi
4. Jurnal
Guru memilih bentuk penilaian yang sesuai
kompetensi yang ingin dicapai
|
-
|
-
|
3.2 Memahami
ketentuan salat lima waktu
4.2. Mempraktikkan salat lima waktu
|
3.2.1 mengidentifikasi pengertian salat lima waktu
3.2.2 menunjukkan dalil-dalil disyariatkannya syarat
lima waktu
3.2.3 menyebutkan rukun salat
3.2.4 Menyebutkan syarat salat
3.2.5 menunjukkan sunah
salat
3.2.6 menganalisis hal-hal yang membatalkan
salat
4.2.1 mendemontrasikan salat lima waktu
|
Ketentuan Shalat lima waktu
Praktek salat lima waktu
|
Mengamati
-
Mengamati
gambar/video/orang yang
melakukan gerakan salat
-
Menyimak hasil pengamatan nya
-
Membaca materi tentang
salat lima waktu
Menanya
-
Memotivasi
untuk mengajukan pertanyaan.
-
Mengajukan pertanyaan terkait tentang salat lima waktu
Eksperimen/explore
- Menguatkan
dengan menjelaskan hasil pengamatan dan pertanyaan peserta didik
- Mencari
data dan informasi tentang ketentuan salat lima waktu
- Mendiskusikan
data/bahan yang diperoleh secara bergantian
Mengasosiakan
- Menilai dan menganalisa hasil presentasi
kelompok lain
- Membuat bagan tentang ketentuan salat lima
waktu
-
Mengemukakan
pendapat tentang hikmah dari bacaan manfaat salat secara ilmiah
-
Memotivasi
peserta didik agar senantiasa menjaga kewajiban salat lima waktu setelah
menyimak kisah tersebut
Mengkomunikasikan
-
Memperagakan tata cara salat lima waktu
-
Melaksanakan
tanya jawab
-
Memaparkan bagan tentang ketentuan salat lima
waktu
-
Merefleksi
terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
|
Tugas
·
Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai
materi ajar
Portofolio
· Membuat paparan tentang materi ajar beserta
contoh-contoh dilapangan
Tes
· Tes
tulis
· Lisan
|
2 TM
(4 x 40 Menit)
|
· Buku Pedoman Guru Mapel Fikih MTs, Kemenag
RI, 2014
· Buku Pegangan Siswa Mapel Fikih MTs, Kemenag
RI, 2014
· Al-Qur’an dan Terjamahanya
· Buku penunjang lainnya yang relevan
· Media cetak dan elektronik
sesuai materi
· Lingkungan sekitar yang mendukung
|
1.3
Menghayati hikmah
dari ketentuan waktu salat lima waktu
|
1.3.1.
Membiasakan pentingnya kesadaran hikmah dari ketentuan
salat lima waktu
|
Penyadaran
pentingnya kesadaran hikmah dari ketentuan salat lima
waktu
|
Membimbing pentingnya penghayatan hikmah dari ketentuan
salat lima waktu
|
1. Penilaian Diri
2. Penilaian Teman
3. Observasi
4. Jurnal
|
-
|
-
|
2.3
Membiasakan
berperilaku disiplin dan tepat waktu sebagai implementasi dari pemahaman
tentang waktu-waktu salat fardlu
|
2.3.1.Menunujukkan perilaku
disiplin dan tepat waktu sebagai implementasi dari pemahaman tentang
waktu-waktu salat fardlu
|
Pembiasaan perilaku
disiplin dan tepat waktu dalam waktu-waktu salat fardlu
|
Membiasakan perilaku disiplin dan tepat
waktu sebagai implementasi dari pemahaman tentang waktu-waktu salat fardlu.
|
1. Penilaian
Diri
2. Penilaian Teman
3. Observasi
4. Jurnal
Guru memilih bentuk penilaian yang sesuai
kompetensi yang ingin dicapai
|
-
|
-
|
3.3. Memahami waktu-waktu salat
lima waktu
4.3.
Mempresentasikan cara menghindari dosa besar (mabuk-mabukan, mengkonsumsi
narkoba, berjudi, zina, pergaulan bebas dan mencuri)
|
3.3.1 mengidentifikasi ketentuan waktu
melaksanakan salat lima waktu
3.3.2 menunjukkan dalil-dalil waktu untuk salat
lima waktu
3.3.3
menjelaskan waktu-waktu yang
dilarang dalam salat
4.3.1
Memperesentasikan cara-cara menghindari dosa
besar
|
Waktu – waktu
salat lima waktu
|
Mengamati
-
Mengamati gambar
waktu-waktu salat lima waktu
-
Menyimak
hasil pengamatan gambarnya
-
Membaca materi
tentang waktu salat
Menanya
-
Memotivasi
untuk mengajukan pertanyaan.
-
Mengajukan pertanyaan terkait tentang waktu-waktu salat lima waktu
Eksperimen/explore
- Menguatkan
dengan menjelaskan hasil pengamatan dan pertanyaan peserta didik
- Mencari
data dan informasi tentang waktu salat lima waktu
- Mendiskusikan
data/bahan yang diperoleh secara bergantian
Mengasosiakan
-
Menilai dan
menganalisa hasil kelompok lain
-
Membuat analisis
tentang ketentuan waktu salat lima waktu
-
Merumuskan hikmah
penentuan waktu-waktu salat lima waktu
-
Mengemukakan pendapat
tentang hikmah dari kisah tentang sahabat atau ulama dengan ibadah salatnya
-
Memotivasi peserta
didik agar melaksanakan salat tepat waktu setelah menyimak kisah tersebut
Mengkomunikasikan
-
Memaparkan bagan
tentang waktu-waktu salat lima waktu
-
Mensimulasikan
tatacara penentuan waktu salat lima waktu
-
Melaksanakan tanya
jawab
-
Merefleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
|
Tugas:
· Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber
tentang waktu salat lima waktu
· Diskusi kelompok membahas hasil pengamatan
· Mempresentasikan hasil
diskusi di depan kelas
Portofolio,
· Penilaian ini digunakan untuk menilai hasil
pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang waktu salat lima waktu
· Membuat laporan pengamatan tentang hal-hal yang
berkaitan dengan waktu salat lima waktu
|
1 TM
(2 x 40 Menit)
|
· Buku Pedoman Guru Mapel Fikih MTs, Kemenag
RI, 2014
· Buku Pegangan Siswa Mapel Fikih MTs, Kemenag
RI, 2014
· Al-Qur’an dan Terjamahanya
· Buku penunjang lainnya yang relevan
· Media cetak dan elektronik
sesuai materi
· Lingkungan sekitar yang mendukung
|
1.4
Menghayati makna azan dan ikamah
|
1.4.1.
Merenungi makna
azan dan ikamah
|
Perenungan makna azan dan ikamah
|
Pembiasaan
penghayatan makna
azan dan ikamah
|
1. Penilaian Diri
2. Penilaian Teman
3. Observasi
4. Jurnal
|
-
|
-
|
2.4
Membiasakan diri
berperilaku peduli sebagai implementasi dari pemahaman tentang azan dan
ikamah
|
2.4.1.
Mengamalkan kebiasaan berperilaku peduli sebagai
implementasi dari pemahaman tentang azan dan ikamah
|
Pembiasaan perilaku
peduli dalam azan dan ikamah
|
Pembiasaan berperilaku peduli sebagai
implementasi dari pemahaman tentang azan dan ikamah
|
1. Penilaian Diri
2. Penilaian Teman
3. Observasi
4. Jurnal
Guru memilih bentuk penilaian yang sesuai
kompetensi yang ingin dicapai
|
-
|
-
|
3.4. Memahami ketentuan azan dan ikamah
4.4. Mempraktikkan
azan dan ikamah
|
3.4.1.
Menyebutkan pengertian azan dan ikamah
3.4.2.
Menunjukkan hukum azan dan ikamah
3.4.3 Menjelaskan ketentuan azan dan ikamah
4.4.1 Mendemontrasikan tata cara azan
ikamah
|
Ketentuan adzan dan ikamah
Praktek
adzan dan ikamah
|
Mengamati
-
Mengamati gambar
orang azan dengan adabnya
-
Menyimak
hasil pengamatan gambarnya
-
Membaca materi
tentang pengertian azan ikamah
Menanya
-
Memotivasi
untuk mengajukan pertanyaan.
-
Mengajukan pertanyaan terkait tentang azan ikamah
Eksperimen/explore
- Menguatkan
dengan menjelaskan hasil pengamatan dan pertanyaan peserta didik
- Mencari
data dan informasi tentang azan ikamah
- Mendiskusikan
data/bahan yang diperoleh secara bergantian
Mengasosiakan
-
Menilai dan menganalisa
hasil kelompok lain
-
Membuat analisis adab
muadzin
-
Merumuskan
syarat-syarat muadzin
-
Menyimpulkan hikmah
dari kisah dahsyatnya Azan
-
Memotivasi peserta
didik agar terbiasa bersegerah melaksanakan salat ketika adzan masuk setelah
menyimak kisah tersebut
Mengkomunikasikan
-
Mendemonstrasikan
tatacara azan ikamah
-
Melaksanakan tanya
jawab
-
Memaparkan intisari dari pelajaran tersebut dalam bentuk bagan tentang ketentuan azan ikamah
-
Merefleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
|
Tugas:
· Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber
tentang ketentuan azan dan ikamah.
· Diskusi kelompok membahas
hasil penggalian informasi
· Mempresentasikan hasil
diskusi di depan kelas
Portofolio,
· Penilaian ini digunakan untuk menilai hasil
pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang ketentuan azan dan ikamah..
· Membuat laporan pengamatan tentang hal-hal yang
berkaitan dengan ketentuan azan dan ikamah.
|
1 TM
(2 x 40 Menit)
|
· Buku Pedoman Guru Mapel Fikih MTs, Kemenag
RI, 2014
· Buku Pegangan Siswa Mapel Fikih MTs, Kemenag
RI, 2014
· Al-Qur’an dan Terjamahanya
· Buku penunjang lainnya yang relevan
· Media cetak dan elektronik
sesuai materi
· Lingkungan sekitar yang mendukung
|
1.5 Meyakini
hikmah salat berjamaah
|
1.5.1.
Merenungi pentingnya hikmah
salat berjamaah
|
Penyadaran
pentingnya hikmah
salat berjamaah
|
Membimbing
kesadaran pentingnya hikmah
salat berjamaah
|
1. Penilaian Diri
2. Penilaian Teman
3. Observasi
4. Jurnal
|
-
|
-
|
2.5
Membiasakan sikap
kebersamaan dan kekeluargaan sebagai implementasi dari pemahaman tentang
salat berjamaah
|
2.5.1.
Menunjukkan kebersamaan
dan kekeluargaan sebagai implementasi dari pemahaman tentang salat berjamaah
|
Pembiasaan pentingnya sikap kebersamaan dan kekeluargaan dalam
salat berjamaah
|
Membimbing kebiasaan sikap kebersamaan
dan kekeluargaan sebagai implementasi dari pemahaman tentang salat berjamaah
|
1. Penilaian Diri
2. Penilaian Teman
3. Observasi
4. Jurnal
Guru memilih bentuk penilaian yang sesuai
kompetensi yang ingin dicapai
|
-
|
-
|
3.5. Menganalisis ketentuan salat berjamaah
4.5. Mendemonstrasikan tata cara salat berjamaah
|
3.5.1 Menyebutkan pengertian salat berjamaah
3.5.2 Menunjukkan dalil salat berjamaah
3.5.3 Menunjukkan manfaat salat berjamaah
3.5.4 Menjelaskan syarat-syarat menjadi imam
3.5.5 Menjelaskan tata cara membuat saf
3.5.6 Menjelaskan ketentuan makmum masbuk
3.5.7 Menjelaskan ketentuan imam yang lupa
4.5.1
Mempraktekkan tata cara salat berjamaah
|
Ketentuan salat berjamaah
|
Mengamati
-
Mengamati gambar shaf
salat berjama’ah dan orang yang masbuk
-
Menyimak
hasil pengamatan gambarnya
-
Membaca materi
tentang pengertian dan ketentuan salat berjamaah
Menanya
-
Memotivasi
untuk mengajukan pertanyaan.
-
Mengajukan pertanyaan terkait tentang salat berjamaah
Eksperimen/explore
- Menguatkan
dengan menjelaskan hasil pengamatan dan pertanyaan peserta didik
- Mencari
data dan informasi tentang ketentuan salat berjamaah
- Mendiskusikan
data/bahan yang diperoleh secara bergantian
Mengasosiakan
-
Menilai dan
menganalisa hasil kelompok lain
-
Membuat analisis
ketentuan salat berjamaah
-
Merumuskan manfaat
salat berjamaah dan udzur meninggalkannya
-
Menyimpulkan hikmah
dari kisah terkait tentang hikmah berjamaah
-
Memotivasi peserta
didik agar rajin salat berjamaah setelah menyimak kisah tersebut
Mengkomunikasikan
-
Mendemonstrasikan
tatacara salat berjamaah
-
Melaksanakan tanya
jawab
-
Memaparkan intisari dari pelajaran tersebut dalam bentuk bagan tentang ketentuan salat berjamaah
-
Merefleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
|
Tugas
· Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang
sesuai materi ajar
Portofolio
· Membuat paparan tentang materi ajar beserta
contoh-contoh dilapangan
Tes
· Tes
tulis
· Lisan
|
2 TM
(4 x 40 Menit)
|
· Buku Pedoman Guru Mapel Fikih MTs, Kemenag
RI, 2014
· Buku Pegangan Siswa Mapel Fikih MTs, Kemenag
RI, 2014
· Al-Qur’an dan Terjamahanya
· Buku penunjang lainnya yang relevan
· Media cetak dan elektronik
sesuai materi
· Lingkungan sekitar yang mendukung
|
1.6 Meyakini
pentingnya sujud sahwi
|
1.6.1.
Membiasakan kesadaran pentingnya sujud sahwi
|
Penyadaran akan pentingnya sujud sahwi
|
Membimbing
kesadaran pentingnya sujud sahwi
|
1. Penilaian Diri
2. Penilaian Teman
3. Observasi
4. Jurnal
|
|
-
|
2.6 Membiasakan
diri berperilaku taat dan tanggungjawab sebagai implementasi dari pemahaman
tentang ketentuan sujud sahwi
|
2.6.1.
Membiasakan diri
berperilaku taat dan tanggungjawab sebagai implementasi dari pemahaman
tentang ketentuan sujud sahwi
|
Pmbiasaan Perilaku
taat dan tanggung jawab
dalam sujud sahwi
|
Membimbing kebiasaan sikap taat
dan tanggung jawab
sebagai implementasi dari pemahaman tentang ketentuan sujud sahwi
|
1. Penilaian Diri
2. Penilaian Teman
3. Observasi
4. Jurnal
Guru memilih bentuk penilaian yang sesuai
kompetensi yang ingin dicapai
|
|
-
|
3.6. Memahami ketentuan sujud sahwi
4.6.
Memperagakan sujud sahwi
|
3.6.1. mengidentifikasi pengertian sujud sahwi
3.6.2 menjelaskan
sebab-sebab sujud sahwi
3.6.3 menunjukkan tata cara sujud sahwi
4.6.1 memperagakan
sujud sahwi
|
Ketentuan sujud sahwi
|
Mengamati
-
Mengamati gambar
orang sujud sahwi
-
Menyimak
hasil pengamatan gambarnya
-
Membaca materi
tentang sujud sahwi
Menanya
-
Memotivasi
untuk mengajukan pertanyaan.
-
Mengajukan pertanyaan terkait tentang sujud sahwi
Eksperimen/explore
- Menguatkan
dengan menjelaskan hasil pengamatan dan pertanyaan peserta didik
- Mencari
data dan informasi tentang ketentuan sujud sahwi
- Mendiskusikan
data/bahan yang diperoleh secara bergantian
Mengasosiakan
-
Menilai dan
menganalisa hasil kelompok lain
-
Membuat analisis
tentang ketentuan sujud sahwi
-
Merumuskan hikmah
disyariatkannya sujud sahwi
Mengkomunikasikan
-
Memaparkan bagan
tentang ketentuan sujud sahwi
-
Mensimulasikan
tatacara sujud sahwi.
-
Melaksanakan tanya
jawab
-
Merefleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
|
Tugas
· Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang
sesuai materi ajar
Portofolio
· Membuat paparan tentang materi ajar beserta
contoh-contoh dilapangan
Tes
· Tes
tulis
· Lisan
|
2 TM
(4 x 40 Menit)
|
· Buku Pedoman Guru Mapel Fikih MTs, Kemenag
RI, 2014
· Buku Pegangan Siswa Mapel Fikih MTs, Kemenag
RI, 2014
· Al-Qur’an dan Terjamahanya
· Buku penunjang lainnya yang relevan
· Media cetak dan elektronik
sesuai materi
· Lingkungan sekitar yang mendukung
|
1.7 Meyakini
manfaat zikir dan doa
|
1.7.1.
Membiasakan pentingnya kesadaran manfaat zikir dan doa
|
Penyadaran akan pentingnya manfaat zikir dan doa
|
Membimbing pentingnya
kesadaran manfaat zikir dan doa
|
1. Penilaian Diri
2. Penilaian Teman
3. Observasi
4. Jurnal
|
-
|
-
|
2.7 Membiasakan
diri berperilaku santun dan percaya diri sebagai implementasi dari pemahaman
tentang zikir dan doa setelah salat
|
2.7.1.
Membiasakan pentingnya
kesadaran berperilaku
santun dan percaya diri sebagai implementasi dari pemahaman tentang zikir dan
doa setelah salat
|
Pembiasaan perilaku santun dan percaya diri dalam zikir
dan doa setelah salat
|
Pembiasaan berperilaku santun dan percaya
diri sebagai implementasi dari pemahaman tentang zikir dan doa setelah salat
|
1. Penilaian Diri
2. Penilaian Teman
3. Observasi
4. Jurnal
Guru memilih bentuk penilaian yang sesuai
kompetensi yang ingin dicapai
|
|
-
|
3.7 Memahami tatacara berzikir dan berdoa setelah salat
4.7 Mendemonstrasikan
zikir dan berdoa setelah salat
|
3.7.1.
Menyebutkan pengertian
zikir
3.7.2 Menunjukkan dalil tentang zikir
3.7.3 Menyebutkan pengertian doa
3.7.4 Menunjukkan dalil tentang doa
3.7.5 Menjelaskan manfaat zikir dan doa
3.7.6 Menjelaskan tata cara zikir dan doa
4.7.1 memperagakan sujud sahwi
|
Tata cara zikir dan doa
Praktek sujud sahwi
|
Mengamati
-
Mengamati gambar adab
berzikir dan berdoa, serta tulisan doa dan zikir sesudah salat
-
Menyimak
hasil pengamatan gambarnya
-
Membaca
materi tentang pengertian doa
dan zikir, manfaat dan adab berdoa dan berzikir sesudah salat
Menanya
-
Memotivasi
untuk mengajukan pertanyaan.
-
Mengajukan
pertanyaan terkait tentang
doa dan zikir sesudah salat
Eksperimen/explore
- Menguatkan dengan menjelaskan hasil pengamatan dan
pertanyaan peserta didik
- Mencari data dan informasi tentang zikir dan doa
sesudah salat
- Mendiskusikan data/bahan yang diperoleh secara
bergantian
Mengasosiakan
-
Menilai dan
menganalisa hasil kelompok lain
-
Membuat analisis tata
cara berzikir dan berdoa
-
Merumuskan manfaat
berzikir dan berdoa
-
Merumuskan hikmah
dari kisah Unta Menjadi Saksi Bagi Orang Yang
Difitnah
-
Memotivasi peserta
didik agar terbiasa berdoa dan berzikir sesudah salat setelah menyimak kisah
tersebut
Mengkomunikasikan
-
Memaparkan bagan
tentang ketentuan berzikir dan berdoa
sesudah salat
-
Mendemonstrasikan
tatacara berzikir dan berdoa
sesudah salat
-
Melaksanakan tanya
jawab
-
Merefleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
|
Tugas
·
Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar
Portofolio
· Membuat paparan tentang materi ajar beserta
contoh-contoh dilapangan
Tes
· Tes
tulis
· Lisan
|
2 TM
(4 x 40 Menit)
|
· Buku Pedoman Guru Mapel Fikih MTs, Kemenag
RI, 2014
· Buku Pegangan Siswa Mapel Fikih MTs, Kemenag
RI, 2014
· Al-Qur’an dan Terjamahanya
· Buku penunjang lainnya yang relevan
· Media cetak dan elektronik
sesuai materi
Lingkungan sekitar yang mendukung
|
Mengetahui:
Kepala Sekolah MTsN 1
Bukittinggi
|
Bukittinggi, Juli 2016
Guru Mata Pelajaran
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Drs. IRSYAD, M.Pd
Nip : 196310271993031003
|
AZWARMAN, SPdI
NIP:
1972050620050110078
SILABUS MATA PELAJARAN: FIKIH
MTs N 1
Bukittinngi Tahun 2016/2017
Mata Pelajaran : Fikih
Satuan Pendidikan
: Madrasah Tsanawiyah
Kelas/Smt : VII(Tujuh)/ Genap
Kompetensi Inti: :
1. Menghargai dan
menghayati ajaran agama
yang dianutnya
2.
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.
Mencoba, mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Mengetahui, Bukittinggi, Juni 2016
Kepala
MTsN 1 Bukittinggi, Guru Mata Pelajaran,
SULAINI,S.Pd. Azwarman,S.Pd.I
NIP. 196908051994032002 NIP.
197205062005011007
|
Komentar
Posting Komentar